5 Penyebab Hidayah Enggan Mendekat

Kalau ada di antara kita yang masih menunda untuk berbuat kebaikan dan menganggap hidayah akan datang dengan sendirinya, pemaparan berikut ...

Kalau ada di antara kita yang masih menunda untuk berbuat kebaikan dan menganggap hidayah akan datang dengan sendirinya, pemaparan berikut ini mungkin bisa mengubah cara pandang kita, Gaes.


Hameed Ullah@unsplash.com

Jadi, sebenarnya Allah SWT menyebarkan banyak sekali petunjuk di sekeliling kita. Terutama melalui kitab suci Al Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW. Petunjuk lainnya bahkan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bisa berupa sedikit rasa lapar dan kekurangan harta atau justru sebaliknya.

Reaksi dalam merespon kejadian-kejadian tersebut bisa positif atau negatif. Orang yang menerima secara positif biasanya mempunyai afirmasi positif pula dalam dirinya. Sugesti itulah yang membuat hidayah lebih cepat mendekat, Insyaallah.

Afirmasi positif bisa didapat dari pergaulan, kajian yang diikuti, serta ibadah yang kita jalani. Semakin sering berupaya untuk terus berada dalam lingkungan yang positif, semakin dekat pertolongan Allah SWT.

Semuanya berbanding terbalik dengan afirmasi negatif. Alih-alih mendapatkan hidayah, justru terjerumus ke dalam kesia-siaan. Jadi hidayah jangan ditunggu, tapi dikejar ya, Gaes!

Keengganan dalam berdoa kepada Allah Ta’ala merupakan sebab besar yang menjadikan seorang manusia terhalangi dari hidayah-Nya.

Cobalah untuk lebih peka terhadap sinyal yang Allah SWT kirimkan. Hal-hal yang terjadi dalam hubungan dengan istri dan anak bisa salah satunya. Semua kejadian, sekecil apa pun, ada campur tangan Allah di dalamnya. Apabila kita mengimani hal itu, Insyaallah hati menjadi rida sehingga hidup menjadi lebih tenang.

Hidayah merupakan hak sepenuhnya Allah Ta'ala. Sebagai hamba-Nya, yang bisa kita lakukan adalah memohon dan meminta di setiap helaan nafas agar termasuk ke dalam orang-orang yang berada dalam jalan yang lurus. 

Penyebab lainnya hidayah enggan mendekat juga karena perbuatan manusia itu sendiri, seperti:


1. Melakukan segala sesuatunya tanpa mengharap rida Allah SWT

Manusia tempatnya khilaf dan sombong. Seringkali keberhasilan yang didapatkan seolah-olah hasil upaya kita semata tanpa melibatkan Allah Ta'ala. Gaes, gantungkan segala sesuatunya hanya kepada Sang Penggenggam Jiwa, ya ...


2. Masih terus melakukan segala keburukan

Kurangnya ilmu menyebabkan manusia mudah melakukan keburukan yang dilarang dalam agama. Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah pincang. Mengikuti majelis ilmu dan bergaul dengan orang saleh dapat menghindarkan manusia dari perbuatan sia-sia. 


3. Enggan berpegang teguh dalam agama Allah SWT lahir batin 

Manusia yang mengikuti dan berpegang teguh dengan petunjuk dari Allah Ta’ala yang diturunkan kepada Rasul-Nya serta mengikuti semua perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, maka tidak akan tersesat dan sengsara di dunia dan akhirat. Selanjutnya, manusia itu selalu mendapat bimbingan serta petunjuk-Nya, kebahagiaan, dan rasa tenteram di dunia dan akhirat.

“Maka jika datang kepadamu (wahai manusia) petunjuk daripada-Ku, lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, maka dia tidak akan tersesat dan tidak akan sengsara (dalam hidupnya)” (QS Thaahaa: 123)


4. Jarang berinteraksi dengan Alquran

Berapa jam dalam sehari dihabiskan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, bagi akhirat khususnya. Dunia tempatnya khilaf, sedangkan Alquran sebagai panduan agar tidak tersesat. 
Manusia yang berupaya berada di jalan yang paling lurus dalam tuntunan berkeyakinan, beramal, dan bertingkah laku serta yang selalu membaca dan mengikuti petunjuk Alquran, dialah yang paling sempurna kebaikannya dan paling lurus petunjuknya dalam semua keadaan. 


5. Tidak mengikuti dan meneladani sunnah Rasulullah SAW

Allah Ta’ala menamakan wahyu yang diturunkan-Nya kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sebagai al-huda (petunjuk) dan dinul haq (agama yang benar) dalam firman-Nya:

{هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا}

“Dialah (Allah Ta’ala) yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama, dan cukuplah Allah sebagai saksi” (QS al-Fath: 28).

Segala pujian bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam. Tulisan ini saya buat sebagai pengingat bagi diri sendiri yang masih sering lalai. Wallahu a’lam bish-shawabi

Sumber:
https://muslim.or.id/19135-sebab-datang-dan-hilangnya-hidayah-allah.html












COMMENTS

BLOGGER: 21
  1. Subhanallah.... makasih teteh Dewi berasa diingatkan untuk.terus kembali pada Allah dalam keadaan bagaimanapun. Makasih ya teh.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah mengingatkan. Hidayah memang harus kita cari dan upayakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Lia ...
      Makasih udah mampir, semoga bermanfaat 😊

      Delete
  3. Masya Allah terimakasih sudah diingatkan. Kadang hidayah datang pun diabaikan, Naudzubillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak,

      Iya beneer,malah sibuk sama hal gak penting astaghfirullah

      Delete
  4. Semoga kita selalu diberi kekuatan untuk istiqomah menjalankan perintah Allah. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, heu heu digoda urusan dunia yang gak ada habisnya

      Delete
  5. masyaallah terimakasih udah diingetin mbak, memang kadang manusia banyak alasan huhuhu

    ReplyDelete
  6. Keren mb dewi ,stlah dapat hidayah, yang terpenting lagi adalah menjaga hidayah tersebut, ya.

    ReplyDelete
  7. Tabarakallah, terima kasih sudah mampir Bu 😊

    ReplyDelete
  8. Semoga kita adalah orang-orang yang selalu mengejar hidayahNya..Aamiin

    ReplyDelete
  9. Masha Allah makasih,Mba Dewi. Sudah diingatkan, semoga selalu mendapat hidayah dan dibimbing Allah

    ReplyDelete
  10. Hiksss mbaaa, tulisannya menyayat nyayattttkuhhh! Makasih banyak remindernya ❤️❤️

    ReplyDelete
  11. Ini dia selfreminder. Hidayah harus dicari, bukan hanya ditunggu 💖💕

    ReplyDelete
  12. Astaghfirullah
    Moga kita gak termasuk orang merugi

    ReplyDelete
  13. Jleb banget ya. Jazakillah khoir sudah diingatkan

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah teh Dew, diingatkan terus. Point yang membaca Al-Qur'an ini masya Allah banget ya, harus selalu menyempat-nyempatkan

    ReplyDelete
  15. MaasyaaAllah...
    Makasih mbakku atas pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah dapat pencerahan disaat hati Salbiah ini sedang gersang terpapar panas kehidupan duniawi. Makasih ya mbak, hidayah memang harus dijemput, nggak ada istilah hidayah datang sendiri.Semoga Allah memberikan ridho pada kita semua yah, agar hidayah selalu menemani langkah-langkah kehidupan kita...

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 5 Penyebab Hidayah Enggan Mendekat
5 Penyebab Hidayah Enggan Mendekat
https://lh3.googleusercontent.com/-Xb00f_VYXGg/W_dXQ86b7RI/AAAAAAAACDo/YJkuI3uR_PsF46E9V2ZURC4kSI1FcqzjACHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-Xb00f_VYXGg/W_dXQ86b7RI/AAAAAAAACDo/YJkuI3uR_PsF46E9V2ZURC4kSI1FcqzjACHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-penyebab-hidayah-enggan-mendekat.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-penyebab-hidayah-enggan-mendekat.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy