5 Tips Memberi ‘Nyawa’ pada Tulisan Fiksi

Florian-Klauer@unsplash.com Gaes, pernah enggak baca tulisan fiksi yang membuat kita baper sebaper-bapernya? Serasa pingin nyubit si tokoh a...


Florian-Klauer@unsplash.com


Gaes, pernah enggak baca tulisan fiksi yang membuat kita baper sebaper-bapernya? Serasa pingin nyubit si tokoh antagonisnya (terutama emak-emak nih hehe) atau malah ingin jadiin si tokoh utama jadi mantu halah 😁

Kita juga bisa bikin cerita kayak gitu, lho ... Beneran ✌️

Caranya, Kak? Pertama niat dulu 💗💗 

Kedua, coba simak deh tips berikut ini:


Gunakan Kelima Panca Indera


Tujuan menulis suatu cerita agar pembaca dapat ikut merasakan emosi yang kita ciptakan. Galilah perasaan itu melalui keberagaman diksi. Ketika kita ingin menceritakan suatu toko roti, buatlah pembaca seolah-olah memasuki toko itu, melihat-lihat produk yang dijajar di rak, memegang rotinya, mencium aromanya, mendengar musik pengantarnya bahkan merasakan nikmat rasa keju dari cheesecakenya. 


Showing dan Telling yang Seimbang


Deskripsi yang dipakai dalam penulisan fiksi terdiri dari showing dan telling. Showing merupakan eksposisi atau pemaparan secara mendetil seperti poin sebelumnya. Dalam fiksi mini, showing dapat disampaikan melalui dialog sedangkan telling adalah pemaparan fakta-fakta. Telling hanya menggunakan satu indera saja yaitu penglihatan. Gabungkan keduanya secara seimbang sehingga cerita kita lebih 'hidup' dan memiliki ‘rasa’.


Riset


Sebelum membuat suatu tulisan terutama buku, gali informasi sebanyak-banyaknya terkait tema yang diusung. Bacalah minimal sepuluh buku pendukung untuk memperkuat dan memperkaya diksi. Tulisan mencerminkan sejauh mana wawasan yang dimiliki oleh seorang penulis. Enggak mau kan tulisan kita dinilai recehan, Gaes.


Temukan Gaya Penulisan yang Unik


Setiap penulis mempunyai gaya otentik sebagai pembeda dengan penulis lain. Dimaksud dengan unik di sini adalah kesan atau citra yang menempel pada tulisan. Keunikan ini didapat penulis dari hasil uji coba penulisan yang terus-menerus sehingga menghasilkan tulisan yang dianggap paling nyaman bagi dirinya. 

So, Gaes jangan coba-coba meniru gaya penulisan orang lain ya karena kamu enggak bakalan sanggup!


Menguasai PUEBI dan KBBI 


Menjadi seorang penulis wajib menguasai PUEBI dan KBBI. Tulisan yang rapi secara teknik, serta menjual dari segi tema akan berpeluang lebih untuk mendapatkan lamaran dari penerbit mayor/indie.


Buat Karakter yang Kuat dan Seimbang


Buatlah tabel karakter, sinopsis, dan outline sebelum membuat tulisan fiksi. Tabel karakter membantu penulis untuk konsisten dengan karakter tokohnya sedangkan sinopsis dan outline membantu agar penulisan tetap pada relnya. Konflik yang dimunculkan oleh si tokoh utama hendaknya kuat dan seimbang.


Penderitaan yang dialami dibuat senatural mungkin dalam artian ada dinamika antara kesedihan, kegagalan, dan kemenangan. Tugas penulis mengatur dinamika itu sehingga konflik yang tercipta berhasil membuat pembaca terus membalik halaman.


Dramatisir Cara Tokoh Menghadapi Masalah


Hal yang paling menarik dalam sebuah cerita adalah kemampuan si tokoh untuk menghadapi masalah yang datang. Tentang bagaimana menyikapi tokoh antogonis yang akan selalu membuat si tokoh utama 'menderita'. 

Ciptakan konflik sedemikian rupa sehingga si tokoh utama bekerja keras untuk mencapai tujuannya. Bangun konflik untuk mencapai klimaks tak terduga yang membuat pembaca terkesan (twist ending).


Gimana? Udah siap kan bikin tulisan yang bikin baper. Yuk, kalo enggak sekarang kapan lagi coba (sambil toyor diri sendiri).


Disarikan dari berbagai kelas penulisan yang pernah diikuti oleh penulis. Kekurangan milik manusia, kesempurnaan hanya milik Allah Ta'ala. Semoga bermanfaat ya, Gaes!


#AlumniKelasPenaKreatif










COMMENTS

BLOGGER: 28
  1. Praktikkan ah, semoga bisa menulis fiksi yang bernyawa.

    ReplyDelete
  2. Huaaa jadi inget kata guru menulis saya mas sakti wibowo
    Poin2ny intiny sama
    Tengs diingatkan mba

    ReplyDelete
  3. Ilmunya keren. Bs dipraktikkan. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ilmu nya mbak, semoga saya bisa mempraktekkannya.😊

    ReplyDelete
  5. Ajarin dong mba Dewi cara nulis showing dan telling yang benar. Saya masih blm mahir nulis fiksi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama belajar kita Mbak ... Yuk, ikut kelas penulisan hehe

      Delete
  6. Mantep bingit sharingnya...dicatet...praktek..praktek..praktek...

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Ok, Gaes sekian dulu sharingnya!

      Udah kaya anak Jaksel belum Mbak 😎🤣

      Delete
  8. ampun dah kalau disuruh nulis fiksi tuh. suka nggak ngerti mau cerita apa lagi gitu. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja Teh kaya non fiksi, buat outline dulu isinya plot pengenalan, konflik, klimaks, anti klimaks, penyelesaian :)

      Delete
  9. Bermanfaat banget nih, makasih ya mb udah sharing.

    ReplyDelete
  10. Show and tell yang seimbang, kadang saya masih sedikit pakai show. Banyakan Tellnya . Mau coba praktik, ah. Makasih ilmunya, Mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk Mba dicoba, saya juga masih suka belibet di sini

      Delete
  11. Noted. Masih agak kesulitan di showing. Syusyah kalo menurut saya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh sama masih suka stuck juga di showing. Belajarnya nulis artikel duluan, giliran nulis fiksi jadi fiksi rasa artikel xixixi

      Delete
  12. Nah ini, puebi dan kbbi.
    Masih harus banyak buka kamus lagi. Ternyata masih banyak kosakata saya yg salah.

    ReplyDelete
  13. Duh jadi tergoda nulis fiksi lagi nih

    ReplyDelete

Name

Content Placement,6,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 5 Tips Memberi ‘Nyawa’ pada Tulisan Fiksi
5 Tips Memberi ‘Nyawa’ pada Tulisan Fiksi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvqVfS9isipL9pyOe_bDn7lMq4Qz9QKrySpQdXG2nTPfW3aruRoe3JfOhyeN5T5ze-JcOippAyPIeJkHHgBDbHW08YJV-F7I-nwY-vN18A1kf1T_U7MYnfdPecJ-JIJkb7DRiFxKppQYx-/
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvqVfS9isipL9pyOe_bDn7lMq4Qz9QKrySpQdXG2nTPfW3aruRoe3JfOhyeN5T5ze-JcOippAyPIeJkHHgBDbHW08YJV-F7I-nwY-vN18A1kf1T_U7MYnfdPecJ-JIJkb7DRiFxKppQYx-/s72-c/
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-tips-memberi-nyawa-pada-tulisan-fiksi.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-tips-memberi-nyawa-pada-tulisan-fiksi.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy