I 'Premis' You!

Brandi Radd @unsplash.com Aloha, Para Penjejak Aksara! Setelah menghasilkan beberapa naskah fiksi, baru hari Minggu  kemarin saya belajar me...

Brandi Radd @unsplash.com



Aloha, Para Penjejak Aksara!

Setelah menghasilkan beberapa naskah fiksi, baru hari Minggu  kemarin saya belajar menulis premis xixixi kemana aja*salim senior. 

Jadi, apakah selama ini saya tersesat ...?

Setidaknya, sampai sesi diskusi di kelas menulis Minggu seru bersama Kastil Mimpi saya baru tahu kalau apa yang saya petakan di kepala istilahnya PREMIS. Selama ini, saya menulis berdasarkan tuntunan yang tersusun di kepala dan tidak menuangkannya dalam suatu rancangan menulis. 

Apakah ini salah? Enggak juga sih tergantung kenyamanan masing-masing individu mau menggunakan metode apa. Menulis metode kayak saya yang tidak menuliskan premisnya sangat rentan keluar jalur.

Premis sendiri dalam bahasa sederhananya adalah dasar pemikiran. Terdiri dari hanya beberapa kalimat yang solid, menarik, jelas, dan informatif. Di dalamnya memuat TOKOH, TUJUAN TOKOH, dan KONFLIK. 

Premis yang solid akan membantu penulis untuk memetakan langkah selanjutnya. Menuangkannya menjadi sinopsis, menguraikannya menjadi outline, memasukkan unsur konflik, karakter dan sebagainya yang akan membuat cerita terus berkembang.


Ingat! Premis harus berterima logikanya 


Menurut Kak Rizadian Adha alias Sutan Saripado yang sepak terjangnya di dunia literasi enggak perlu diragukan lagi, hendaknya premis adalah pernyataan yang  bisa diterima logika. 

Logika umum yang diyakini si pembuat premis, diuji oleh logika umum yang diketahui oleh pembaca. Hasilnya kesimpulan yang dibuat penulis berhadap-hadapan dengan kesimpulan yang dibuat oleh pembaca. Agar premis tidak cacat logika, susunlah dengan baik. Jangan membuat pernyataan yang ambigu. Pernyataan harus bersifat langsung dan jelas.

Berikut adalah contoh Premis yang diangkat dari film-film terkenal:

Harry Potter and the Philosopher Stone (Fantasy, Adventure)

Harry Potter mendapat kesempatan untuk belajar sihir di Hogwarts, serta berjuang mencegah bangkitnya Lord Voldemort bersama teman-temannya.

The Avengers (Action)

Kelompok superhero bumi harus bekerja sama melawan invasi alien yang dipimpin oleh Loki.

Ada Apa Dengan Cinta? (Drama/Romance)

Cinta yang merupakan gadis populer di sekolahnya harus memilih antara persahabatan dengan gengnya atau hubungan asmaranya dengan Rangga yang puitis

Pengabdi Setan (Horor)

Kematian seorang ibu yang diduga merupakan penyembah setan membawa petaka bagi keluarga yang ditinggalnya.

Hot Fuzz (Comedy/Action/Thriller)

Seorang polisi teladan dipindah tugaskan ke kota yang damai, namun anehnya banyak orang yang meninggal karena “kecelakaan” di sana.

Rafathar (Komedi)

Dua penjahat menculik anak bayi milik pasangan selebriti, namun tak menyadari bahwa bayi itu memiliki kekuatan super.

Dari contoh-contoh di atas kebayang ya premis itu seperti apa. Sekarang saatnya praktik, praktik, dan praktik.

Sumber:

www.mybooktherapy.com

www.ciayo.com/



COMMENTS

BLOGGER: 27
  1. Wah, ilmu lagi. Terima kasih. Saya masih lemah dalam membuat premis. Penjelasannya ringan. Mudah di pahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Pada praktiknya saya masih sering gagal bikin premis hehehe

      Delete
  2. Wow, terimakasih ilmunya mb. Praktik, praktik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mbak, dicoba terus menyusun premisnya :)

      Delete
  3. Masih bingung buat premis. Ilmu baru nih. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Premis = dasar pemikiran, biasanya untuk tulisan fiksi sih, Mbak :)

      Delete
  4. Kayak tes psikotes ajja yah "premis", saya paling suka nih menyelesaikan soal premis. Ternyata, dunia literasi sama kek dunia ppsikologi.. Ilmu baru, alhamdulillah...

    ReplyDelete
  5. Noted. Ilmu bagus ini. Tapi terkadang saya sendiri masih susah menentukan premis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, kelihatannya hanya beberapa kalimat solid, tapi dalam sesi latihan seringkali premis saya dibilang kurang tepat.

      Delete
  6. terima kasih ilmunya mbak, nambah ilmu lagi, catet dulu

    ReplyDelete
  7. Baru tahu tentang premis. terima kasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  8. Wow ilmunya 😁 Selama ini klo ada ide langsung tulis aja. Ternyata ada caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss! Tadinya saya juga begitu, nulis aja yang ada di kepala ternyata oh ternyata hehhee

      Delete
  9. Ilmu ini seperti ajaranny guru nulisku mas sakti wibowo
    Tengss diingatkan mb

    ReplyDelete
  10. Wooooo ternyata ini yang namanya premis, makasi ulasannyaaa mba

    ReplyDelete
  11. Saya juga tahu premis saat ikut training menulis teenlit, memang bermanfaat banget nulis premis ini. Maksih tips nulisnya, Mbak

    ReplyDelete
  12. Waaah, pencerahan nih. Terima kasih mbaak... Kadang nulisnya mengalir aja, ternyata kalau tahu premisnya lebih tertata tidak keluar jalur. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, Mbak menulis jadi punya arah dan tujuan yang pasti gak tergoda belok kiri kanan hehe

      Delete
  13. Saya dulu tahunya ide dasar, belum kenal premis. Tetep sih, saya lebih mudah jika ada outline-nya. Bener, biar ceritanya gak ngelantur kemana2. Makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  14. Wah aku jadi ngerti lho mba setelah baca contoh ini. Thankyouuuu

    ReplyDelete

  15. Hermes handbags Luxury Genuine Leather Bags. If you have ever drooled over the gorgeous and exquisite Handbags available in any outlet, you would love to own one. The existing counterfeit Louis Vuitton Bags available in this website include classy and sophisticated Monogram Canvas leather handbags which come in colours like white, black, brown and blue. You can also choose from Rolex Watches of Kelly bags which come with more luxurious colours and designs.

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: I 'Premis' You!
I 'Premis' You!
https://lh3.googleusercontent.com/-C4suj5JcpcI/XAc65ah9aLI/AAAAAAAACMo/TyrNaspIzwkRqUyxqRXYxnF36-Fv4D9nACHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-C4suj5JcpcI/XAc65ah9aLI/AAAAAAAACMo/TyrNaspIzwkRqUyxqRXYxnF36-Fv4D9nACHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2018/12/i-premis-you.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2018/12/i-premis-you.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy