Lakukan 9 Langkah Ini Agar Permohonan Adsense Blog Kamu Disetujui!

unsplash.com Google AdSense (GA) adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Sayangnya tidak semua blog disetujui...


unsplash.com



Google AdSense (GA) adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Sayangnya tidak semua blog disetujui sebagai penayang (publisher). Alasannya tentu bervariasi tergantung dari kebijakan otoritas Google sendiri. 

Bagi pemula seperti saya, mendaftarkan blog untuk dimonetisasi tentunya tidak mudah. Banyak langkah dan persyaratan yang harus dipatuhi. Butuh waktu, kesabaran, dan kerja keras dalam membangun blog. 

Beberapa hari yang lalu, permohonan AdSense blog saya disetujui dalam waktu kurang lebih sehari. Daftar Senin, 14 Januari 2019 siang, Selasa pagi sudah dapat pemberitahuan di email kalau permohonan diterima. Alhamdulillah. Sejak itu banyak inboks yang masuk menanyakan bagaimana caranya supaya aplikasi AdSense kita diterima.

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi bagaimana membangun blog agar layak di mata Google sebagai penayang iklan. Posisi saya di sini bukan sebagai ahli IT ya, hanya sebagai blogger pemula yang suka oprek template. Codingan yang rumit pun gak paham, jadi jangan tanya soal itu.

Sebelum mendaftar Adsense, langkah-langkah berikut bisa dicoba. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi, riset di internet, dan sharing sesama blogger. Hasil akhirnya kembali lagi kepada kebijakan penyelenggara AdSense. 

Berikut langkah yang saya tempuh sebelum daftar AdSense:

1. Menyiapkan Tampilan Blog

Blog ini berumur lebih kurang setahun. Awalnya hanya untuk belajar menulis, jadi isi kontennya tergantung mood. Pertengahan Oktober 2018, saya mulai merapikan kembali tampilan blog karena niat dimonetisasi tiga bulan mendatang. Pertama kali yang dirubah adalah template. Google menyukai tampilan yang simple, clean, dengan warna dasar putih. Tanpa banyak assesoris tambahan. Pemakaian widget pun seperlunya. Tujuannya agar blog mudah diakses.

2. Migrasi dari Blogspot ke Dotcom

Pertimbangan migrasi ke URL berbayar karena terkesan lebih profesional. Kemungkinan untuk mendapatkan job review, landing page, dll lebih besar. Walaupun setelah memakai URL berbayar PA/DA kembali ke 0. Hal itu tidak menjadi masalah karena konten juga belum banyak.

3. Mendaftarkan URL pada Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools (GWT) adalah perangkat yang disediakan oleh Google untuk mengoptimalkan sebuah blog. Intinya upaya SEO tanpa dibantu dengan GWT akan minim hasilnya. GWT membantu bot Google mengcrawl halaman pada URL yang terdaftar.

4. Fokus pada Konten

Bagi Google, Content is a King. Buatlah konten yang berkualitas. Semakin mendetail semakin baik, original, dan bebas plagiasi. Blog ini berubah dari gado-gado menjadi lebih spesifik. Menitikberatkan pada fiksi mini saja atau tips seputaran menulis. Google suka dengan konten How to. Sebelum dimonetisasi, siapkan sekurangnya empat puluh artikel. Meskipun jumlah ini bervariasi. Pada saat disetujui, konten blog saya berisi sekitar tiga puluhan artikel.

5. Siapkan Laman Kontak dan Disclaimer

Google berorientasi pada kepuasan pengunjung. Blog yang memudahkan pengunjung sangat disukai. Buatlah halaman kontak yang berisi profil blogger secara lengkap. Mulai dari data diri, akun media sosial, serta alamat email. Selain itu, siapkan laman disclaimer/privacy policy yang berisi pernyataan resmi dari administrator blog bahwa blog/web tidak dapat diganggu-gugat. Tanggung jawab komentar adalah tanggung jawab pengunjung sendiri.

6. Interaksi dengan Pengunjung

Balas setiap komentar yang mampir pada laman. Google akan mengindikasikan bahwa blogger responsif.

7. Konsisten Isi Konten 

Sebelum dimonetisasi, saya membuat jadwal posting berkala. Semalasnya seminggu dua kali. Blog ini fokus dengan dunia penulisan fiksi sehingga hasil lomba atau challenge mingguan saya masukkan sebagai konten. Buatlah blog yang berhubungan dengan profesi/kegiatan sehari-hari jadi lebih mudah dalam mengisi konten. Setiap kali posting di medsos, sertakan link blog sehingga page viewer meningkat.

8. Rutin Mengikuti Blogwalking

Blogwalking atau saling berkunjung ke blog sesama blogger. Cara ini cukup ampuh menaikkan page view sehingga performa blog di mata Google cukup baik.

9. Bergabung dengan Komunitas

Manfaat bergabung dengan komunitas sangat banyak. Setidaknya ini yang saya rasakan selama ini. Motivasi untuk mempercantik dan memonetisasi blog muncul pada saat bergabung dengan komunitas. Belum lagi sharing ilmu yang didapat dari teman-teman rasa saudara. 

Demikian tips agar permohonan AdSense blog dapat diterima berdasarkan pengalaman pribadi saya. Sekali lagi hasil akhirnya tergantung pada kebijakan administrator AdSense ya, Good luck!



COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Aku baru mau belajar google adsense mb, smoga lancar jaya 😃

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,14,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,16,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Lakukan 9 Langkah Ini Agar Permohonan Adsense Blog Kamu Disetujui!
Lakukan 9 Langkah Ini Agar Permohonan Adsense Blog Kamu Disetujui!
https://lh3.googleusercontent.com/-7i0wF1fGY-Q/XED6aNwOG0I/AAAAAAAACWA/6DEAwCfvHyAssr5RiAU0RwDfdFtsjRxvgCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-7i0wF1fGY-Q/XED6aNwOG0I/AAAAAAAACWA/6DEAwCfvHyAssr5RiAU0RwDfdFtsjRxvgCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/01/lakukan-9-langkah-ini-agar-permohonan.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/01/lakukan-9-langkah-ini-agar-permohonan.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy