4 Kiat Jitu Mencetak Generasi Rabbani

Mencetak Generasi Rabbani merupakan impian bagi orang tua. Namun, untuk mendapatkannya membutuhkan kiat tertentu sesuai dengan syariat...


Mencetak Generasi Rabbani merupakan impian bagi orang tua. Namun, untuk mendapatkannya membutuhkan kiat tertentu sesuai dengan syariat.

Apa sih yang dimaksud dengan Generasi Rabbani?

Seperti yang dilansir oleh aceh.tribunnews (10/01/14), Generasi Rabbani adalah Generasi yang sukses, posisinya selalu berada dalam ajaran agama Islam dan selalu mengajak orang lain untuk dekat dengan Allah.

Berikut ini adalah kiat agar buah hati kita selalu mendapat bimbingan langsung dari Sang Pemilik Hidup.

1. Beri Nama yang Mengandung Doa

Memberi nama anak bukan perkara sepele karena akan melekat seumur hidup. Berilah nama yang mengandung doa dan bukan sekadar keren atau ikutan tren. Apa yang kita sematkan dalam sebuah nama adalah doa pengharapan orang tua akan nasib anak kelak. Misalnya kita menginginkan anak menjadi ahli kitab suci, maka berilah nama yang sesuai dengan keinginan tersebut.

2. Bantu dengan Doa

Anak adalah titipan yang paling berharga. Bantu anak menjalani kehidupan dengan selalu mendoakannya. Orang tua –dan saya pun begitu– karena kesibukan, kadang lupa mendoakan anak ketika mereka hendak menjalani hari di sekolah atau menjalani aktivitas yang lain. Ingatlah bahwa, doa tulus orang tua tembus ke langit.

3. Beri Guru Pendamping yang Cerdas dan Salih

Pemilihan guru pendamping adalah salah satu cara orang tua untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam jiwa anak. Berilah guru yang tidak hanya cerdas , tetapi juga salih. Tidak hanya cerdas dalam memberi ilmu dunia, juga dalam memberi dan mencontohkan ilmu akhirat. Ibu sebagai madrasah pertama di rumah juga sebisa mungkin terus meng-upgrade ilmunya agar dapat membekali putra putrinya ilmu yang terkini.

4. Lingkungan yang Baik

Pengaruh lingkungan amat besar bagi perkembangan jiwa anak yang masih labil. Anak-anak adalah peniru yang ulung. Tentunya lingkungan yang baik di sekolah maupun di rumah memberi andil besar dalam perkembangan jiwa anak selanjutnya. Lingkungan yang kental dengan nuansa agamis tentunya akan membantu membentuk Generasi Rabbani yang kita cita-citakan bersama.

Dengan menerapkan keempat kiat tersebut di atas, dengan seizin Yang Maha Kuasa, Generasi Rabbani yang kita dambakan akan terwujud. Wallahu ‘alam bishowwab.








COMMENTS

BLOGGER: 37
  1. Doa orang tua, khususnya ibu itu memang "sakti" ya mba...
    Menjadi keluarga Rabbani, bagi keluarga muslim memang sebuah cita cita yang patut diperjuangkan ya...
    Semoga kita dimampukan untuk menjadikan keluarga kita sebagai keluarga Rabbani... Allahuma aamiin.
    Thanks artikelnya ya mba. 😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin allahumma aamiin ... makasih sama-sama :)

      Delete
  2. yap beener banget itu bun, terkadang karena trend banyak yang memberi nama enggak sesuai dengan nama islam. padahal nama-nama sahabat nabi bagus-bagus loh. duh semoga saya nanti enggak keikut seperti itu. dan doa ortu emang paling manjur sih, langsung menembus ke langit. Masyaallah. makasih ya bun sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bun makasih sama-sama, aku pun tahunya terlambat dan itu lumayan jadi bikin menyesal

      Delete
  3. Bagaimana kalo udah diberi nama yg entah apa artinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun terlanjur memberi nama anak pertama dan kedua yang entah apa artinya, agak menyesal sih

      Delete
  4. Bener mba Dewi, insya Allah nanti ingin anak aku nama-namanya dari arab atau peradaban islam. Makasih mba sharing nya

    ReplyDelete
  5. Nama adalah doa. Ini juga yg kami pegang saat akan memberi nama Azril. Kami cari nama berarti baik, agar pribadinya nanti baik pula.

    ReplyDelete
  6. Nama adalah doa. Ini juga yg kami pegang saat akan memberi nama Azril. Kami cari nama berarti baik, agar pribadinya nanti baik pula.

    ReplyDelete
  7. Setuju semua ba,pemberian nama yanh baik, itu adalah sebagai doa juga, lingkungan yang baik pasti akan mempengaruhi, dan sebagai ibu yg doanya tembus kelangit, hrslah berdoa yang baik2bagi putra putrinya

    ReplyDelete
  8. Semoga anak keturunan kita menjadi bagian dari generasi Rabbani. Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Makasi mbak sharingnya.. Semoga kita bisa sama-sama jadi orang tua yang bisa mencetak generasi rabbani ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahumma Aamiin Mbak, kita sama-sama berdoa ya

      Delete
  10. Tentang mencetak generasi Rabbani no 3 memilihkan guru yang baik terkadang kita sebagai orang tua tidak melihat sampai kesini kita hanya pasrah saja dengan sekolah, padahal kwalitas murid itu tergantung pula dari kualitas gurunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak, sering karena sungkan kita jarang bertanya mendetail mengenai kualitas
      guru kepada pihak sekolah padahal kapasitas guru yang mumpuni juga salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan.

      Delete
  11. Lingkungan itu faktor penting yang mempengaruhi perilaku anak. Entah itu di keluarga, sekolah, atau masyarakat umum. Terutama faktor pergaulan dengan teman-temannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pergaulan zaman sekarang ya Mbak ngeriih

      Delete
  12. Bener banget mbak. 4 kiat ini perlu dan penting diperhatikan oleh ortu, karena mencetak generasi Rabbani bukan hal yang mudah, sebagaimana jalan menuju surga, pasti banyak tantangannya. Terima kasih sudah berbagi mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tantangannya subhanallah ya ... sama-sama makasih Mbak

      Delete
  13. Betul banget ini mba, Lingkungan buat anak anak kelak juga harus di perhatikan. Makasih ya mb sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lingkungan sekarang tantangannya luar biasa ya Mbak

      Delete
  14. Tulisan ini jadi reminder juga buat saya. Semoga saya bisa pula mencetak generasi rabbani dengan menerapkan poin2 yang disebut di atas.

    ReplyDelete
  15. Aamiin...
    PR terbesar orang tua di zaman now untuk mendidik amanah Allah dengan sebaik²nya, mengingat godaannya sungguh banyak ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaannya anak-anak sekarang duh subhanallah ya Mbak

      Delete
  16. Semoga keturunan kita menjadi generasi rabbani dan kita sebagai orang tua diberikan kesabaran dalam membersamai mereka dalam perkembangan dan pertumbuhan mereka di jaman now ini..aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahumma Aamiin saling mendoakan kita Mbak

      Delete
  17. Aamiin. Semoga ananda kita menjadi generasi robbani yg soleh/ah. Nama, doa dan guru yg solih telah kita berikan, semoga lingkungannya berada adalah lingkungan yang senantiasa mengingat Allah dan ananda diberi kekuatan berada ditempat manapun. Aamiin

    ReplyDelete
  18. Betul mba niatan dan harapan semua ortu agar anaknya menjdi yg soleh dan sholehah. Termasuk penamaan anak2 kita. Btw Thx ya mb untuk ulasannya.

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,15,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 4 Kiat Jitu Mencetak Generasi Rabbani
4 Kiat Jitu Mencetak Generasi Rabbani
https://2.bp.blogspot.com/-spOuwDoEA-U/XHcJzU8rHLI/AAAAAAAACoo/VQr5RpcpTzQa6Iw_94GZ1lR572H2p6x3QCLcBGAs/s320/397956_M%2B%25281%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-spOuwDoEA-U/XHcJzU8rHLI/AAAAAAAACoo/VQr5RpcpTzQa6Iw_94GZ1lR572H2p6x3QCLcBGAs/s72-c/397956_M%2B%25281%2529.jpg
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/02/4-kiat-jitu-mencetak-generasi-rabbani_35.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/02/4-kiat-jitu-mencetak-generasi-rabbani_35.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy