7 Bisnis Rumahan Menggiurkan Selama Ramadan

Ramadan identik dengan bisnis musiman. Setidaknya hal itu yang menjadi pemahaman kita selama ini. Namun, ternyata pemahaman tersebut keliru....


Ramadan identik dengan bisnis musiman. Setidaknya hal itu yang menjadi pemahaman kita selama ini. Namun, ternyata pemahaman tersebut keliru. Bisnis yang dianggap musiman di bulan penuh berkah ini juga dapat diteruskan menjadi usaha yang menjanjikan, lho. 

Pada bulan Ramadan, konsumsi rumah tangga biasanya menjadi dua kali lipat. Keinginan untuk menjadi lebih baik adalah hal yang menjadi alasan utamanya. Setelah berpuasa seharian tentunya kita ingin berbuka dengan yang lebih baik. Dari segi mutu, ragam, dan kenikmatan. Tidak heran jika bisnis kuliner menjadi primadona pada bulan ini. 

Bisnis-bisnis rumahan lain yang berprospek meraup untung besar pada bulan Ramadan adalah

1. Takjil

Jangan biarkan halaman rumah kosong. Gelar meja dan jual apa saja. Pernyataan ini bukan saya yang bicara, tapi mentor wirausaha kenamaan Tom Mc Ifle. Apalagi di bulan Ramadan takjil/makanan pembuka paling banyak dicari. Mulai dari kurma, bubur sum-sum, es campur, gorengan, lontong, dll. 

2. Katering

Katering masakan rumahan dapat meraup untung besar pada bulan ini. Apalagi bagi mereka yang berlokasi dekat kampus atau mal. Anak kuliah dan karyawan mal yang kos akan menyerbu pada saat buka dan sahur. Buka garasi, letakkan etalase, meja, dan kursi. Sederhana, tapi menghasilkan.

3. Minuman

Selain air putih, biasanya kita akan mencari yang segar untuk menuntaskan dahaga pada saat berbuka. Bisnis es buah, juice, thai tea, es kelapa, dll dapat memanfaatkan peluang ini. Dengan modal tak begitu besar, keuntungan berlipat didapat.

4. Baju Muslim, Alas Kaki, dan Perlengkapan Salat

Keinginan untuk tampil menjadi lebih baik setelah menjalani ibadah Ramadan menjadi alasan bisnis baju muslim menjadi primadona di bulan ini. Baju muslim set, baju koko, baju anak, sandal/sepatu, mukena, sarung adalah contoh barang-barang yang paling dicari.

5. Rental Mobil

Mendekati hari Raya bisnis sewa kendaraan mulai antre. Tak harus pengusaha besar yang mempunyai showroom yang bisa menjalankan bisnis ini, mulailah dari kendaraan yang kita punya di rumah. Saya pernah mencobanya dan hasilnya lebih dari cukup untuk mengatasi kebutuhan lebaran.

6. Pet Shop

Pemilik hewan peliharaan sekarang tak kuatir lagi apabila harus meninggalkan rumah untuk mudik. Jasa penitipan hewan harian, mingguan, serta bulanan telah banyak bermunculan. Mereka membantu mengurus hewan peliharaan secara profesional. Apabila kita mempunyai minat di bidang ini, kenapa tidak memulai dari menjaga hewan peliharaan tetangga dulu? Mudah bukan?

7. Kue Kering/Basah

Bisnis kue sungguh menggoda di bulan ini. Setiap rumah membutuhkan setidaknya tiga toples kue untuk menjamu kerabat. Permintaan yang tinggi tentu saja amat sayang dilewatkan. Buatlah sample kuker/basah untuk dibagikan tetangga sekaligus daftar harga dan nomor yang bisa dihubungi. 

8. Penjahit atau Butik

Siapa sih yang tak mau tampil prima di hari nan fitri? Bertemu kerabat dan sanak saudara yang jarang ditemui tentunya menjadi momen yang ditunggu. Hal ini dapat menjadi peluang bagi para penjahit baju atau butik kelas menengah atas. Biasanya baju di pasaran modelnya hampir mirip karena mengikuti tren. Pelanggan menengah ke atas memilih menjahit sendiri atau beli di butik karena modelnya lebih eksklusif.

9. Barber Shop

Keinginan tampil beda juga mendominasi kaum adam, baik dewasa maupun anak-anak. Mereka ingin terlihat lebih rapi pada saat bertemu kerabat di hari Raya. Tak heran apabila menjelang lebaran, antrean mengular di tempat ini.

Bisnis-bisnis tersebut di atas dapat mulai dilakukan di rumah dengan modal awal bervariasi mulai dari Rp.500.000,-. Walaupun modal awalnya minim, tapi potensi keuntungan yang didapat tak terbatas. Setelah Ramadan usai pun bisnis tetap dapat diteruskan. Kelebihan lain bisnis yang dijalankan dari rumah adalah kebebasan waktu. 

Nah, masih mikir-mikir untuk memulai bisnis dari rumah? Masih ada waktu hingga dua puluh hari ke depan untuk memulai sejak postingan ini dibuat. Selamat meraih berkah di bulan Ramadan sembari menambah pundi-pundi rupiah bagi keluarga tercinta. 




COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Ternyata, Bulan Ramadhan juga bisa menjadi ladang mencari tambahan keuangan. jadi, di hari raya nanti bisa buat beli baju baru, deh. hehehe

    ReplyDelete
  2. bener banget semua diatas terutama takjil dan penjahit. Sekitaran komplek rumah setiap sore menjelang waktu berbuka pasti berjejer penjual takjil :D

    ReplyDelete
  3. Benerrr! Aku pernah tuh bisnis kue kering, tahun 2015. Happy banget waktu itu... Sekarang pengen lanjut bikin kue kering lagi tapi sehari2 ngantor jadi nggak sempet dan nggak ada bantuin..

    Btw, salam kenal ya mbak...
    Blognya udah aku follow, tolong follow balik yaa,,, makasih :)

    ReplyDelete
  4. Bulan ramadan berkah ya mbambak. Apa saja bisa di jual dan dijadikan uang. Jadi dapur ngebul deh. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Idenya boleh juga mba
    Makasih sharenya ya

    ReplyDelete
  6. pedagang musiman di bulan ramadhan yang menjemput rezeki melalui usahanya. Inilah keberkahan di bulan ramadhan ya mbak :)

    ReplyDelete
  7. Pet Shop bakal banjirrrr titipan nih, terutama di jogja banyak anak kost yang mudik, banyak yang nitipin kucing atau hewan peliharaan lainnya di pet shop. Ide bisnis yang cemelang mba!

    ReplyDelete
  8. iya nih, saya juga pengin ikutan bisnis dadakan ini. tapi kok ya masih niat saja. padahal saya sendiri sering kelimpungan cari bukaan

    ReplyDelete
  9. Ramadan memang bulan penuh berkah. di sepanjang jalan depan rumah saya setiap 10 meter orang jualan takjil, menunya hampir sama, lontong, tahu isi, bakwan, kolak, es buah. Biarpun sama tapi laku-laku aja kok. Yang jualan itu semuanya cuma jualan waktu bulan puasa aja, menggunakan waktu sebulan untuk benar-benar mencari tambahan penghasilan.

    ReplyDelete
  10. poin nomor 6 out of the box bgt mb. keren. hihi~ jadi kangen suasana Ramadhan di kmpung halaman ^_~. terima kasih sdh berbagi mb 💖

    ReplyDelete
  11. Bener banget.... pet shop juga ternyata memang menggiurkan.. harga titip kucing aja lumayan banget

    ReplyDelete
  12. ramadhan memang penuh berkah ya mba, gak cuma dapat pahala & kebaikan, bisa meraih keuntungan juga

    ReplyDelete
  13. Beberapa yg mb mksd aq jlni bisnisnya. Wkkwkk masa gini menuai panen. Alhamdulillah berkah ramadan.

    ReplyDelete

Name

English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,14,Mutiara Qalbu,6,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,15,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 7 Bisnis Rumahan Menggiurkan Selama Ramadan
7 Bisnis Rumahan Menggiurkan Selama Ramadan
https://lh3.googleusercontent.com/-CfLTFqI1b_E/XNy-aZfWXtI/AAAAAAAAC8I/NGtNxBzxZy8AmiP6im66Qew-pLA1iSv0gCLcBGAs/IMG_1839.JPG
https://lh3.googleusercontent.com/-CfLTFqI1b_E/XNy-aZfWXtI/AAAAAAAAC8I/NGtNxBzxZy8AmiP6im66Qew-pLA1iSv0gCLcBGAs/s72-c/IMG_1839.JPG
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/05/7-bisnis-rumahan-menggiurkan-selama.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/05/7-bisnis-rumahan-menggiurkan-selama.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy