7 Kesalahan Ini Membuat Usaha Gagal

Bismillahirrahmanirrahim  Cara Allah Subhanahu Wa Ta'ala menegur ... Dalam mengarungi kehidupan di dunia fana, tentunya banyak fase-fase...

Bismillahirrahmanirrahim 

Cara Allah Subhanahu Wa Ta'ala menegur ...


Dalam mengarungi kehidupan di dunia fana, tentunya banyak fase-fase yang harus kita lalui. Fase lemah, kuat, kemudian lemah lagi dalam hidup manusia merupakan ketetapan dari Allah Azza Wa Jalla.

Sepuluh tahun yang lalu, saya memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai Asisten General Manajer jaringan restoran terkenal karena pertimbangan anak. Pekerjaan yang telah saya geluti selama bertahun-tahun, memberi pengalaman berorganisasi serta memimpin cabang dengan puluhan staf. 

Awal mengundurkan diri belum terpikir untuk fokus usaha karena penghasilan suami sebagai Produser Pelaksana lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga kecil kami. Ditambah pendapatan yang lumayan dari usaha menyewakan kendaraan untuk antar jemput karyawan dan anak sekolah.

Namun roda kehidupan terus berputar, ada kalanya bergerak ke atas dan bawah. Suatu ketika, kami, saya dan suami, merasa terpukul karena kehilangan satu unit kendaraan operasional yang baru lunas cicilan. Dicuri dari tempat parkir ketika sopir sedang break makan siang. 

Masalah berlanjut ketika suami memutuskan mengundurkan diri karena masalah internal ketika baru saja  kredit rumah. Hal yang tak mengenakkan berikutnya adalah terputusnya kontrak perjanjian sewa-menyewa kendaraan yang tersisa karena kami gagal memperbarui unit. 

Sejak saat itu hidup berjalan terasa sulit. Pendapatan tidak ada, tapi cicilan KPR  berjalan tanpa kompromi. Beruntung hutang KTA dan kartu kredit lunas sebelum akad rumah.Pada saat itu kami ditawari seorang pengusaha mebel Jepara yang bersedia memenuhi toko dengan barang tanpa uang muka. Dengan uang seadanya, kami nekat menyewa toko tanpa berpikir panjang. 

Namun sayangnya belum sebulan toko berjalan, pengusaha itu sudah datang menagih sedikit demi sedikit. Sedangkan dapat dikatakan bahwa penjualan berjalan amat lambat. Akhirnya demi mengatasi biaya operasional sehari-hari, kami memutuskan menggunakan teras toko untuk membuka kuliner dengan menu beraneka ragam. Aneka dimsum, sosis bakar jumbo, spagetti, set bento, cappucino cincau aneka rasa, dll.

Pada saat itu, kami membeli meja kursi ala cafe, pot-pot tanaman besar, mendandani eksterior dengan pergola, dan melengkapi lampu sorot untuk interior gallery mebel. Dapat dikatakan konsep interior toko dipengaruhi oleh tampilan restoran tempat bekerja sebelumnya. 

Setelah berjalan hampir setahun, tidak ada kemajuan yang berarti. Pelanggannya hanya itu-itu saja. Uang habis untuk menutupi operasional gaji pegawai dan sewa ruko. Di akhir tahun kedua, kami memutuskan menutup toko dengan menanggung kerugian yang tak sedikit.

Menurut ilustrasi di atas, dapat dikatakan kami melakukan kesalahan fatal yang dilakukan oleh pemula. Hal ini disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang karena memulai usaha dalam kondisi kepepet dan panik.

Beberapa kesalahan tersebut kami rangkum dalam poin-poin di bawah ini. Tujuannya agar ke depannya lebih berhati-hati dalam mengambil langkah. Selain itu juga diharapkan dapat memberi inspirasi bagi Anda yang baru mulai terjun berwirausaha. 

Berikut beberapa kesalahan hasil dari analisis  setelah banyak mengikuti kelas wirausaha:

Tidak memiliki misi dan visi yang jelas

Sebuah usaha memerlukan misi dan visi yang jelas. Dalam kasus di atas, kami terjebak dalam ide-ide tanpa memikirkan lebih lanjut kenapa saya melakukan hal itu. Hal ini akan menimbulkan kesulitan dalam menyesaikan masalah yang timbul dalam kemudian hari. Kami lupa membangun tujuan, juga visi ke depan. Fokusnya hanya mendapatkan uang dalam waktu cepat. Padahal menurut Tony Hsieh dari Zappos, visilah yang harus kita kejar, bukan uang. Justru uanglah yang akan mengikuti kita kemudian.

Membuka usaha tanpa analisis

Membuka usaha tanpa perencanaan yang matang mustahil bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Mengenali potensi diri, serta analisis SWOT (Strengths-kekuatan, Weaknesses-kelemahan, Opportunities-peluang, Threats-ancaman) setidaknya diperlukan dalam memulai usaha. Hal ini dapat meminimalkan kerugian.

Tidak mengetahui karakter pasar yang dituju

Kesalahan ini sering dilakukan oleh para pengusaha pemula. Kami benar-benar mengabaikan selera pasar. Menu yang ditawarkan terdengar asing di telinga masyarakat sekitar toko, walaupun sebenarnya menunya standar. Harganya pun kalah bersaing. Mereka adalah tipe konsumen pinggiran kota yang menyukai makanan tradisional dengan harga murah dan porsi yang banyak. Ditambah dengan interior warung yang terlihat berkelas, mereka sungkan untuk datang. 

Lokasi yang tidak tepat

Lokasi adalah elemen yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan suatu usaha. Empat unsur yang harus dipunyai lokasi usaha, letaknya mudah dijangkau, bisa diakses oleh kendaraan, terlihat dari sisi jalan, dan mempunyai lahan parkir. Lokasi toko yang kami pilih hanya memenuhi dua unsur tersebut.

Investasi awal yang tak terkendali

Pada tahap awal, kami ingin gallery warung  terlihat sempurna dengan harapan dapat menarik minat pembeli. Sehingga pada waktu itu, banyak menghabiskan uang untuk membeli barang-barang penunjang interior maupun eksterior. Padahal usaha belum terlihat hasilnya dan modal pun terbatas.

Tidak fokus

Bisa dibilang ini adalah kesalahan yang paling elementer. Kami merasa mampu mengerjakan banyak hal. Kenyataannya diperlukan konsentrasi dan disiplin yang terus menerus dalam satu hal. 

Menurut Michael Lazerow dari Buddy Media, "Sukses itu sederhana, kita hanya harus fokus pada satu hal yang penting."

Terlalu bersemangat mengerjakan banyak hal membuat hasilnya tidak maksimal. Seandainya kami fokus pada usaha menyewakan kendaraan saja dalam ilustrasi di atas, mungkin bisa sukses.

Telat berinovasi

Sebelum usaha terjun bebas, ada baiknya segera mengantisipasi dengan inovasi. Hal inilah yang kami abaikan karena terlalu fokus pada operasioanal, sehingga usaha rental kendaraan terjun bebas. 

Cara yang terbaik untuk tetap bertahan dan berkembang adalah dengan mempertajam diri, berkolaborasi, dan menciptakan inovasi. Grab misalnya berkolaborasi dengan pemilik kendaraan, sehingga mereka berkembang," ungkap Rhenald Kasali.


Tentunya kemampuan seseorang dalam berwirausaha berkembang sesuai kapasitas masing-masing pribadi. Kami yang awalnya terlalu percaya diri dengan pengalaman bertahun-tahun di lini manajemen, akhirnya harus merasakan terpuruk karena beberapa kesalahan tersebut di atas.

Dari kejadian kerugian tersebut saya dan suami belajar memperbaiki diri terutama perbaikan ruhiyah. Kami yakin daun jatuh pun atas kehendak-Nya. Kegagalan yang dialami tidak menjadikan berputus asa atas nikmat-Nya. Justru malah memacu untuk bangkit lagi. Tulisan berikutnya yang akan dishare adalah https://www.dewihepy.com/2019/05/bangun-bisnis-dari-nol.html?m=1





COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Yg masih jadi pr saya adalah tentang fokus
    Huhuhu

    Btw itu kok bisa y mb mobil dicuri pas maksi, pas diparkir
    Sedih rasany

    Moga2 dapet ganti yg juauh lebih baik mb

    ReplyDelete
  2. keren mb. kehidupan mmberikan pelajaran tak ternilai, terima kasih telah brkenan berbagi ilmunya mb 💗

    ReplyDelete
  3. Luar biasa pengalamannya Mbak, sarat hikmah untuk menjadi lebih bijak dalam langkah ke depan. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  4. Duh, saya dan suami juga pernah merasakan hal serupa mbak. Alhamdulillah sedikit demi sedikit bisa bangkit. Ditunggu kisah lanjutannya, ya.

    ReplyDelete
  5. Masyaa Allah.. Perjuangannya. Alhamdulillah ya mbak, bisa bangkit dikit dikit. Semoga semuanya semakin membaik ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Penuh perjuangan, ya, Mbak. Usaha tak kan mengkhianati hasil. Roda terus berputar. Semoga pengalaman yang dulu jadi pelajaran berharga. Makasih udah berbagi tips.

    ReplyDelete
  7. fokus itu selalu jadi kendalaku, karena punya banyak hobby dan pengenan ini itu, wkwkkw

    ReplyDelete
  8. saya terkadang melupakan analisis... pengennya eksekusi aja gtu bun... padahal itu tahapan yang penting juga ya hiks

    ReplyDelete
  9. Memulai usaha memang jangan dulu memikirkan keuntungan.harus sabar dan bisa membaca pasar. Secara teori memang mudah ya mba, praktiknya luar biasa.

    ReplyDelete
  10. Untuk menjadi pengusaha memang harus punya mental yang tangguh. Salut untuk perjuangannya mba. Makin sukses ya mba

    ReplyDelete
  11. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda . . .

    ReplyDelete
  12. Wah tipsnya boleh tuh terutama yg agak sulit fokus
    Kadang mau usaha ini itu semua dijalani. Wah salut untuk kegigihsnnya. Smngat...

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan semua tips agar usaha bisa sukses dari Mbak Dewi. Yang paling sering terjadi pada saya adalah salah pilih lokasi usaha. Saya pernah berjualan ayam bakar kalasan di tenda tapi sekarang hanya yerima pesanann saja. Sebenarnya bukan karena saya dan suami tidak bisa memilih lokasi tetapi lokasi bagus yang memenuhi 3 syarat itu mahal banget, nggak terjangkau. Semoga usahanya sukses terus, Mbak Dewi

    ReplyDelete
  14. keren banet mbak Dewi aku jadi melek informasi kalau mau buka usaha. memang semuanya ahrus diatur dan dianalisis sedemikian rupa. Harus hati hati sekali kalau nggak mau rugi ya. One day pingin bisa punya usaha bareng suami, InsyaAllah.

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,15,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 7 Kesalahan Ini Membuat Usaha Gagal
7 Kesalahan Ini Membuat Usaha Gagal
https://lh3.googleusercontent.com/-V3FLlK4mz0A/XNU8WBKNCKI/AAAAAAAAC6k/7e5QocO1rUw_u5YFAzE2giEq8mKtkpK2QCLcBGAs/IMG_1839.JPG
https://lh3.googleusercontent.com/-V3FLlK4mz0A/XNU8WBKNCKI/AAAAAAAAC6k/7e5QocO1rUw_u5YFAzE2giEq8mKtkpK2QCLcBGAs/s72-c/IMG_1839.JPG
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/05/7-kesalahan-ini-membuat-usaha-gagal.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/05/7-kesalahan-ini-membuat-usaha-gagal.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy