8 Cara agar Anak Terkesan dengan Ramadan

Apa yang paling dirindukan dari bulan Ramadan? Mendengar pertanyaan ini air di sudut mata perlahan turun, betapa cepatnya waktu berlalu. Ram...


Apa yang paling dirindukan dari bulan Ramadan?

Mendengar pertanyaan ini air di sudut mata perlahan turun, betapa cepatnya waktu berlalu. Ramadan berakhir tinggal hitungan hari. 

Pertanyaan yang membuat dada sesak selanjutnya, " Amalan apa yang sudah saya lakukan untuk memuliakan bulan ini?"

Saya merasa belum melakukan apa-apa. Di saat orang lain berlomba dalam kebaikan, "Di mana saya?" Bergeming. Menunggu. Terpaku dengan rutinitas, masih berjuang melawan kefakiran diri sendiri. 

Sibuk memikirkan, Pakai baju apa nanti lebaran, beli kue kering di mana? Serta hal-hal lainnya yang sifatnya duniawi. Padahal bisa saja ini Ramadan terakhir saya. 

Astaghfirullaha wa Atubu Ilaih ... 

Sesungguhnya kita berjalan di muka bumi ini hanya menunggu dari waktu salat satu dengan lainnya. Namun, dunia dengan segala tipu dayanya selalu berusaha mencuri keimanan kita yang lemah. Pada bulan Ramadan, keinginan untuk memuaskan dahaga serta lapar pada waktu berbuka terkadang melalaikan kita dari salat Magrib berjamaah. Undangan buka bersama (bukber) yang bertubi-tubi menjelang berakhirnya bulan mulia ini pun, terkadang melalaikan kita dari salat tarawih.

Belum lagi tahun ini datangnya bulan puasa bersamaan dengan ujian kenaikan kelas, pendaftaran masuk sekolah/kuliah, lebaran, dan liburan sekolah membuat para ayah bunda memutar otak untuk memenuhi semua kebutuhan. Alhasil, selama bulan Ramadan kegiatan tilawah tergantikan oleh kegiatan muamalah karena mengejar tercukupinya segala kebutuhan. Semoga Allah SWT memberi kekuatan kepada kita untuk menjalaninya. 

Ramadan sendiri dari tahun ke tahun sarat dengan kenangan yang terpatri di hati. Ya suasananya, ya rasa kedekatannya dengan Ilaihi Rabb, juga dengan segala kerepotan menyiapkan makan sahur dan berbuka, serta persiapan mudik. 

Kenangan Ramadan yang paling membekas adalah ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tradisi di dalam keluarga kami, mama  membuat kue-kue keringnya sendiri. Aroma khas setup nanas, nastar yang dipanggang, juga penganan lain benar-benar melekat di ingatan. Bapak rahimahullah yang terkadang membantu mama menyiapkan bahannya. Bahkan apabila mencium bau yang sama hari ini, slide-slide kenangan menari di kepala. Kangen dengan rumah kenangan masa kecil ... kangen bapak terutama. 

Banyaknya kenangan berkesan masa kecil, membuat kita juga ingin mengukir hal yang sama bersama anak.

Beberapa kegiatan yang dapat melekatkan hubungan antara orang tua dan anak sekaligus membuat anak terkesan dengan Ramadan, antara lain: 

1. Membuat rumah semarak dengan dekorasi khas

Mengubah tampilan rumah merupakan salah satu cara membuat anak terkesan. Hanya dengan mengganti warna cat dinding rumah atau menambahkan ornamen kekinian sebagai pemanis dekor suasana rumah dapat membuat suasana lebih semarak. Biarkan anak berpartisipasi dalam menyiapkan bahan-bahannya.

2. Memasak bersama

Ajak anak membuat kue kering bersama. Biarkan mereka membantu memulung adonan menjadi kue-kue kecil. Abaikan bentuknya yang tak sempurna. Aroma kue dipanggang akan menjadi pelekat ingatan bahagia sampai dewasa. 

3. Membaca kisah-kisah Nabi

Biasakan membacakan kisah-kisah hebat Nabi. Suri tauladan yang terselip di dalam setiap kisah dapat menjadi penyemangat bagi si kecil.

4. Beribadah ke masjid

Beribadah secara rutin selama bulan Ramadan juga menjadi salah satu kenangan yang berkesan. Salat berjamaah di masjid bersama-sama dengan jamah lainnya membuat si kecil belajar mengikuti aturan di tempat umum.

5. Berbuka dengan makanan yang jarang ditemui pada hari biasa

Bagi anak yang baru belajar puasa, momen berbuka tentunya paling ditunggu. Menyiapkan kudapan seperti es belewah atau timun suri yang dicampur dengan sirup manis dapat menjadi penyemangat anak untuk menyelesaikan puasanya.

6. Berbagi makanan dengan tetangga

Biasakan anak berbagi sejak dini. Sekadar penganan pembuka atau sepiring kue yang dibagikan untuk para tetangga dapat menumbuhkan rasa empati pada anak.

7. Berbuka bersama dengan saudara atau anak yatim

Ramadan adalah momen yang tepat bagi saudara jauh untuk berkumpul. Ajak anak buka bersama dengan orang tua maupun sepupu-sepupu jauhnya agar tali silaturahmi kembali terjalin. Cara lainnya mengajak anak ke panti asuhan untuk berbagi makanan atau mainan. Dengan cara ini, diharapkan anak belajar untuk dapat merasakan penderitaan orang lain.

8. Mudik

Bagi perantau, momen mudik amat sangat dinanti. Bertemu orang tua dan sanak saudara yang berjarak ribuan kilometer tentu membawa kebahagiaan. Sedangkan bagi anak, pengalaman bepergian merupakan keasyikan tersendiri. Belum lagi dapat mengenal daerah di mana orang tua berasal juga kesempatan bertemu kakek, nenek, beserta kerabat yang lain.


Beberapa tips tersebut di atas dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi masing-masing anak. Akhirul kalam, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lebih berkesan bersama keluarga tercinta. 

Semoga bermanfaat!


COMMENTS

Name

Content Placement,4,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 8 Cara agar Anak Terkesan dengan Ramadan
8 Cara agar Anak Terkesan dengan Ramadan
https://lh3.googleusercontent.com/-j82L2yaPcu8/XOju0F5aI6I/AAAAAAAADCw/wBmqs0MM1C4Un-hCKqEOYGBlPlBNzFtOwCLcBGAs/IMG_1839.JPG
https://lh3.googleusercontent.com/-j82L2yaPcu8/XOju0F5aI6I/AAAAAAAADCw/wBmqs0MM1C4Un-hCKqEOYGBlPlBNzFtOwCLcBGAs/s72-c/IMG_1839.JPG
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/05/8-cara-agar-anak-terkesan-dengan-ramadan.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/05/8-cara-agar-anak-terkesan-dengan-ramadan.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy