Memaknai Arti Silaturahim Sesungguhnya

Menyambung tali silaturahim dalam Islam termasuk salah satu amalan yang diutamakan. Manfaatnya antara lain, selain memperluas rezeki ju...





Menyambung tali silaturahim dalam Islam termasuk salah satu amalan yang diutamakan. Manfaatnya antara lain, selain memperluas rezeki juga memperpanjang umur.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
من أحب أن يبسط له في رزقه، وينسأ له في أثره فليصل رحمه
“Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi” (HR. Bukhari – Muslim).

Silaturahim (صلة الرحم) terdiri dari dua kata: shilah (صلة) dan ar rahim (الرحم). Shilah artinya menyambung sedangkan ar rahim artinya rahim wanita sebagai konotasi untuk menyebutkan karib-kerabat.
Sehingga dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan silaturahmi dalam Islam adalah

“... istilah untuk perbuatan baik kepada karib-kerabat yang memiliki hubungan nasab, atau kerabat karena hubungan pernikahan, serta berlemah-lembut, kasih sayang kepada mereka, memperhatikan keadaan mereka. Demikian juga andai mereka menjauhkan diri atau suka mengganggu. Dan memutus silaturahim adalah kebalikan dari hal itu semua” (An Nihayah fi Gharibil Hadits, 5/191-192, dinukil dari Shilatul Arham, 5).

Selama ini yang terjadi adalah salah kaprah dalam memaknai silaturahim. Kita kerap merujuk kata silaturahim untuk menyambung persahabatan/persaudaraan terhadap semua orang tanpa adanya hubungan kekerabatan atau nasab. Hal inilah yang membuat makna silaturahim bergeser. 

Berikut makna silaturahim yang disalahartikan:

1. Menggunakan alasan silaturahim untuk berbuat hal-hal yang dilarang agama.

Ajakan untuk pergi ke klub, karaoke, menghamburkan uang di mal, pertemuan yang melibatkan bercampur-baurnya lelaki dan perempuan, atau reuni yang banyak membicarakan kemaksiatan di zaman dahulu kerap menggunakan istilah silaturahim untuk membuatnya terlihat baik.

2. Enggan meninggalkan kawan-kawan yang memberi pengaruh buruk dengan alasan menyambung tali silaturahim.

Seringkali kita sungkan untuk meninggalkan teman yang memberi pengaruh buruk dengan alasan tak ingin memutus tali silaturahim. Takut dianggap sombong atau tidak setia kawan.

Berteman dengan sedikit orang-orang saleh masih lebih baik dibandingkan berteman dengan banyak teman, tetapi sering melakukan hal-hal yang melanggar syariat.

3. Menggunakan ajakan silaturahim untuk kegiatan yang tak ada kaitannya dengan karib-kerabat.

Dalam berbagai kesempatan, kata silaturahim sering digunakan untuk menyebut kegiatan kongkow-kongkow atau ngobrol tak berujung pangkal bersama teman, rekan kerja, atau tetangga.

Setelah mengetahui makna silaturahim dalam Islam, ada baiknya lebih bijak memilih kegiatan yang sekiranya dapat menimbulkan kemudaratan. Hal ini dilakukan untuk menghindari perbuatan sia-sia. 

Wallahu a'lam bishawwab

Sumber: muslim.co.id


COMMENTS

Name

Content Placement,6,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Memaknai Arti Silaturahim Sesungguhnya
Memaknai Arti Silaturahim Sesungguhnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4nVA_m9CsbkN_cZe5febNhOcmJgEPDA-oYBXWD2cnhV-_p3AbSj5u-CRXY2VpNzGzA9HQOUT5fTNKFaa0hxFJi2YS-erUdBE8qD1KEk_6eUqPAGMw_HL0WnanerfqDXLkR6lv-OUpKp-V/s320/3bb709c22aaaf7b8b5c60c5cfcf13c20+%25283%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4nVA_m9CsbkN_cZe5febNhOcmJgEPDA-oYBXWD2cnhV-_p3AbSj5u-CRXY2VpNzGzA9HQOUT5fTNKFaa0hxFJi2YS-erUdBE8qD1KEk_6eUqPAGMw_HL0WnanerfqDXLkR6lv-OUpKp-V/s72-c/3bb709c22aaaf7b8b5c60c5cfcf13c20+%25283%2529.jpg
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/05/memaknai-arti-silaturahim-sesungguhnya.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/05/memaknai-arti-silaturahim-sesungguhnya.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy