5 Tips untuk Meningkatkan Energi Tanpa Kafein

Dapat tetap produktif dan fokus sepanjang hari merupakan perjuangan. Tak jarang pilihan untuk meningkatkan energi jatuh ...


unsplash @nathandumlao







Dapat tetap produktif dan fokus sepanjang hari merupakan perjuangan. Tak jarang pilihan untuk meningkatkan energi jatuh pada kafein. Tentunya hal tersebut tak selamanya benar. Dengan hanya mengubah pola makan, kelebihan kafein dalam tubuh dapat dihindari.
Dampak kafein bagi tubuh 
Berapa cangkir kopi dalam sehari untuk membantu Anda tetap terjaga? Mungkin dua, tiga, atau bahkan lima. Faktanya kita sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam kehidupan sehari-hari. Kafein sendiri merangsang produksi adrenalin dan dapat menambah energi dalam waktu singkat karena meningkatkan detak jantung dan kadar gula dalam darah. 

Dalam jangka panjang hal ini dapat berefek negatif, tubuh akan melepaskan adrenalin sebagai respon timbal baliknya. Akibatnya, apabila tidak mengkonsumsinya tubuh malah menjadi stress.

Berikut adalah cara lain untuk meningkatkan energi tanpa bantuan kafein:

1. Mandi Air Dingin

Kesulitan bangun di pagi hari dapat dengan mudah diatasi dengan mandi air dingin. Walaupun terdengar tak menyenangkan, tetapi mandi air dingin di pagi hari terbukti secara ilmiah memberi manfaat bagi tubuh. Mula-mula mandilah terlebih dahulu dengan air hangat, lalu secara  bertahap turunkan suhunya sampai tubuh dapat beradaptasi. Mulailah dengan membilas kaki, lengan, dan akhirnya seluruh tubuh.

Mandi dengan urutan seperti ini baik untuk memompa darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mulailah selalu dari sisi kanan ketika menyiram air dingin karena jantung berada di sisi kiri. Hal ini dilakukan untuk menghindari tekanan berlebihan pada jantung.

2. Menghirup Aroma Minyak Esensial

Alternatif lainnya untuk meningkatkan energi tanpa kafein adalah memegang sebotol minyak esensial di bawah hidung dan tarik napas. Minyak beraroma lemon, pepermint, atsiri (kualitas baik) adalah beberapa minyak esensial  yang direkomendasikan untuk meningkatkan semangat.

3.  Selingi Jadwal Makan dengan Makanan Kecil

Sering merasa lelah setelah makan berat? Hal tersebut disebabkan karena tubuh sibuk mencerna. Aliran darah meningkat ke sistem pencernaan seiring dengan berkurangnya pasokan oksigen di otak. Kekurangan pasokan oksigen inilah yang menyebabkan rasa lelah. Mengonsumsi makanan rendah serat mengakibatkan kadar gula darah melonjak sebentar, tetapi kemudian jatuh lagi dengan cepat. Makanan berlemak juga bisa membuat perut terasa berat. Cara mengatasinya, makanlah makanan kecil (4 atau 5 kali) sepanjang hari dengan demikian tubuh memiiki pasokan energi yang stabil. Pilihlah camilan sehat dengan kandungan gula olahan yang rendah.

4. Awali Pagi dengan Minum Air Putih

Sebagaimana kita ketahui, tubuh terdiri dari 70% air. Apabila minum kopi adalah prioritas pertama Anda di pagi hari, mulailah dengan menggantinya dengan segelas air putih hangat yang diberi irisan lemon. Hal ini untuk mengganti cairan yang hilang di malam hari, juga dapat meningkatkan mood dan energi.

5. Tetap Aktif

Cara lainnya meningkatkan energi adalah dengan berolah raga ringan di pagi hari selama lima belas menit. Hal ini cukup untuk membuat darah Anda terpompa sehingga membantu memulai hari dengan semangat.

Jadi, ada banyak alternatif cara untuk meningkatkan energi Anda tanpa kafein. Silakan dicoba. Semoga bermanfaat!

COMMENTS

Name

Content Placement,6,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 5 Tips untuk Meningkatkan Energi Tanpa Kafein
5 Tips untuk Meningkatkan Energi Tanpa Kafein
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5WGyPKbJbKNr-3O7tOeMdz7HSCrmbEIjhx1qjzrUjcxGz6Eo6LPjPLEUvmdT_RJYloWhY0uz4PZQ8m2Tp3KudGqq03PxAZoaeZHF_KZFiErS_YrT6hHLAdxRw-B9dEN62eFRej_qMYdj8/s1600/IMG_20190903_110330.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5WGyPKbJbKNr-3O7tOeMdz7HSCrmbEIjhx1qjzrUjcxGz6Eo6LPjPLEUvmdT_RJYloWhY0uz4PZQ8m2Tp3KudGqq03PxAZoaeZHF_KZFiErS_YrT6hHLAdxRw-B9dEN62eFRej_qMYdj8/s72-c/IMG_20190903_110330.png
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/09/kafein-untuk-meningkatkan-energi.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/09/kafein-untuk-meningkatkan-energi.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy