Tutorial Cara Membuat Artikel SEO untuk Pemula

Artikel merupakan komponen utama pada sebuah blog maupun website. Untuk menunjang agar artikel yang kamu buat dapat diterima dengan bai...


artikel-seo-untuk-pemula




Artikel merupakan komponen utama pada sebuah blog maupun website. Untuk menunjang agar artikel yang kamu buat dapat diterima dengan baik oleh mesin pencari Google, maka terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan. Dalam hal ini terdapat pembahasan mengenai tutorial cara membuat artikel SEO untuk pemula.

Membuat artikel SEO menjadi hal yang penting untuk membangun sebuah blog maupun website. Jika artikel yang kamu buat tersusun rapi, maka artikel berpotensi ditampilkan di halaman utama oleh Google.

Lantas bagaimana cara membuat artikel SEO untuk pemula?

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

• Mengetahui tentang SEO
Langkah utama sebelum kamu membuat artikel dalam sebuah blog maupun website adalah mengetahui apa itu SEO. SEO merupakan sebuah singkatan yakni search engine optimization. Teknik untuk membuat artikel dalam sebuah blog atau website ditempatkan pada halaman satu di mesin pencari Google, Yahoo, maupun Bing.

Dengan memenuhi kaidah SEO pada artikel yang dibuat, artinya kamu telah mengoptimasi artikel agar dapat ditampilkan pada halaman pertama atau halaman satu mesin pencari Google. Beberapa orang yang memiliki sebuah blog maupun website tentunya tahu akan pentingnya SEO friendly pada artikel yang dibuat. Maka, menerapkan teknik penulisan artikel SEO sangat berpengaruh terhadap sebuah blog untuk ditampilkan pada halaman utama atau tidak.

Kamu sendiri tentunya pernah mencari sebuah informasi pada mesin Google. Hal pertama yang dapat kamu percayai yakni di halaman pertama serta halaman kedua pada mesin Google. Hal ini yang membuat artikel SEO friendly dapat mengundang banyak visitor ataupun pengunjung untuk menikmati sebuah artikel yang dibuat. Maka sangat penting untuk menerapkan SEO pada sebuah artikel.

• Menentukan Sebuah Keyword
Tutorial cara membuat artikel SEO friendly untuk pemula yang selanjutnya adalah menentukan sebuah keyword. Dapat diibaratkan bahwa sebuah produk jika tidak ada nama maka produk tersebut tidak banyak yang mencari. Hal ini bisa dilihat pada sebuah artikel yang tidak menggunakan keyword pastinya juga tidak akan mendapat banyak visitor. Jika diartikan, keyword sendiri merupakan sebuah kata kunci pada artikel.

Adanya keyword dalam sebuah artikel menjadikan artikel tersebut sempurna dan enak untuk dibaca oleh semua orang. Selain itu menggunakan sebuah keyword dapat menunjang artikel yang dibuat untuk berada di halaman utama mesin pencari Google. Kamu juga perlu melakukan sebuah riset yang ada untuk menjamin artikel mendapatkan banyak pengunjung maupun visitor setiap saat.

Akan tetapi, dalam membuat keyword juga memiliki aturan yang harus kamu perhatikan. Kamu dapat membuat keyword sepadat mungkin atau tidak memiliki kata yang panjang. Dan juga kamu tidak perlu menggunakan kata kunci yang berlebihan pada sebuah artikel. Kata kunci dapat disesuaikan dengan jumlah kata yang terdapat pada sebuah artikel sehingga enak untuk dibaca. Riset keyword dapat menggunakan tools Ubersuggest.

• Tidak Adanya Kesalahan Kata
Sebuah pekerjaan memang tidak luput dengan kesalahan, tetapi jika pekerjaan tersebut kamu lakukan dengan teliti maka kesalahan sekecil apapun tidak akan terjadi. Seperti halnya membuat artikel, kesalahan kata atau kesalahan saat penulisan kata menjadi salah satu hal yang fatal. Artikel yang baik dengan SEO tentunya tidak terkandung kesalahan pengetikan kata sekecil apa pun itu.

Pastinya kamu juga pernah mengetahui tentang sebuah artikel yang di dalamnya terdapat beberapa kesalahan saat menerjemahkan kata. Maka hal ini jelas membuat pengunjung kurang paham dengan kata yang kamu buat. Terlebih lagi jangan sampai terdapat kesalahan kata atau lebih dari satu kesalahan. Hal tersebut pastinya membuat artikel tidak sepenuhnya nyaman untuk dibaca dan tingkat pengunjung turun.

Oleh karena itu kamu wajib mengecek ulang, atau meneliti kembali artikel yang telah dibuat. Usahakan dalam sebuah artikel tidak ada kesalahan kata yang ditulis, ataupun ejaan yang kurang benar. Hal ini tentunya juga membingungkan si pembaca untuk masuk ke dalam alur artikel yang telah dibuat. Kamu bisa menggunakan beberapa trik untuk menghindari kesalahan penulisan kata yang ada pada artikel.

• Memiliki Komponen Terstruktur
Dalam sebuah artikel tentunya mengandung beberapa hal seperti pembuka, isi, dan penutup. Ketiga komponen ini menjadi hal yang baku dan harus ada pada artikel. Jadi, kamu tidak bisa mengubah tatanan tersebut sesuai dengan keinginan. Dalam kalimat pembuka tentunya hal ini bisa kamu tambahkan dengan kata yang sewajarnya. Karena jika berlebihan, pembaca kurang nyaman untuk meneruskan.

Selain itu kamu juga harus membuat kalimat pembuka yang menarik agar membuat pengunjung lebih tertarik untuk melanjutkan membaca artikel yang telah dibuat. Jika dari kalimat pembuka yang kamu buat tidak menarik, maka jangan berharap beberapa orang menyelesaikan artikel yang mereka baca. Di sisi yang lain kamu juga wajib membuat isi yang konkrit dan memuat informasi secara penuh.

Jadi, pengunjung dapat atau merasa puas dengan isi dari artikel yang kamu buat. Kemudian kalimat penutup juga diperlukan dalam sebuah artikel untuk menyempurnakan. Secara tidak langsung bahasa yang baik untuk kalimat penutup dapat membuat pengunjung merasa dihormati dan memberikan harapan untuk membaca artikel kamu selanjutnya.

• Membuat Artikel Layak untuk Dibaca
Tutorial cara membuat artikel SEO untuk pemula yang selanjutnya adalah buatlah sebuah artikel yang layak untuk dibaca oleh semua orang. Pastinya kamu juga menginginkan bawa artikel yang dipublikasikan tersebut memiliki kelayakan serta informasi yang terkandung secara menyeluruh. Jika artikel yang kamu buat memenuhi kaidah penulisan serta memiliki isi yang dapat dipertanggungjawabkan sumbernya, maka artikel tersebut layak untuk dibaca oleh semua orang.

Kemudian kamu juga perlu memperhatikan tentang berapa bacaan dalam sebuah paragraf artikel. Hindari kata yang bertele-tele ataupun membuat bingung pengunjung. Buatlah kalimat seefektif mungkin. Usahakan judul, pemberian keyword, dan juga pembagian paragraf tertata dengan rapi. Jika kamu membuat sebuah artikel yang asal-asalan, maka artikel tersebut tidak layak dibaca. Biasanya artikel yang baik dan sempurna,dapat dioptimasi oleh mesin pencari Google dan besar kemungkinan akan ditempatkan pada halaman utama atau teratas.

• Gunakan Sudut Pandang yang Unik
Langkah selanjutnya bagi kamu yang masih pemula dalam membuat artikel adalah melihat dan membuat artikel dari sudut pandang yang berbeda. Pastinya kamu sendiri juga pernah mengetahui beberapa artikel yang saat dibaca terlihat monoton atau bisa dibilang terdapat beberapa pengulangan kata. Hal ini tentunya membuat artikel tersebut tidak nyaman untuk dibaca.

Oleh karena itu untuk menggugah hati dan minat dari pengunjung untuk terus membaca artikel, maka kamu perlu memberikan sebuah inovasi. Inovasi di sini bisa kamu terapkan pada artikel. Upayakan mengambil sudut pandang dari segi berbeda ataupun unik. Jika kamu telah menguasai hal ini maka dapat dipastikan pengunjung akan tetap tertarik untuk membaca artikel yang telah dibuat.

Membuat artikel dari sudut pandang yang unik bisa saja menambahkan beberapa kalimat peribahasa atau pun perumpamaan. Biasanya hal ini bisa kamu terapkan pada awal dari isi artikel ataupun menjelang konteks isi. Sehingga pengunjung dapat tertarik untuk melanjutkan artikel yang telah dibuka. Untuk menguasai sudut pandang yang unik kamu harus melakukan riset pada beberapa artikel.

• Perhatikan Paragraf
Paragraf menjadi hal yang penting pada sebuah artikel yang enak dibaca ataupun tidak. Paragraf yang tersusun rapi dan tidak berlebihan merupakan hal yang dibutuhkan dalam sebuah artikel. Kamu dapat membuat artikel dengan jumlah paragraf secukupnya. Sebagai contoh kamu bisa membuat artikel dengan jumlah empat sampai lima paragraf.

Selain itu, jumlah kata yang ada pada kalimat juga wajib diperhatikan agar tidak terjadi kelebihan baris pada satu paragraf. Biasanya artikel SEO sendiri memiliki jumlah baris yang terstruktur serta susunan paragraf yang sistematis. Jika hal ini dapat kamu lakukan dengan baik, maka besar kemungkinan mesin pencari Google telah mengoptimasi artikel dan dapat menempatkannya pada bagian teratas halaman.

Oleh karena itu, kamu tidak diperkenankan untuk membuat sebuah artikel dengan paragraf yang berbeda-beda atau melebihi jumlah. Sehingga hal ini membuat pembaca tidak nyaman untuk meneruskan membaca. Penggunaan paragraf yang tepat dan sesuai aturan memberikan pengunjung kenyamanan saat membaca. Selain itu fungsi paragraf sendiri juga sangat penting untuk membedakan beberapa isi.

• Mengoptimasi sebuah Gambar
Kemudian yang selanjutnya adalah mengoptimasi sebuah gambar. Jika artikel yang kamu buat di selipkan sebuah gambar tentunya hal itu menunjang kelayakan dari artikel. Biasanya penambahan gambar pada artikel untuk memberikan contoh dari apa yang dibahas. Selain itu gambar juga berperan penting untuk membuat artikel lebih enak untuk dibaca dan memberikan informasi lebih kepada pembaca.

Biasanya penambahan gambar dapat kamu gunakan jika artikel tersebut memiliki alur yang panjang untuk dibahas.Pengunjung akan mudah bosan dengan artikel yang panjang sehingga kamu harus memasukkan gambar agar tidak terlihat monoton. Namun sebelum menambahkan gambar,alangkah baiknya gambar yang akan kamu masukkan tersebut sama dengan keyword yang ada.

Hal ini memudahkan artikel yang kamu buat untuk dioptimasi oleh mesin pencari Google. Kamu dapat menambahkan sebuah gambar dengan ukuran yang ringan. Kamu dapat menggunakan Tiny Jpeg untuk memperingan muatan gambar. Hal ini dapat membantu proses loading page menjadi lebih cepat dan tidak adanya masalah. Penambahan gambar di dalam artikel memang banyak dipilih untuk menambah kesan menarik bagi pengunjung.

• Memastikan Panjang dari Artikel
Artikel yang baik tidak selalu memiliki kalimat panjang. Namun artikel yang baik memiliki unsur-unsur pembangun tema.Selanjutnya kamu bisa menentukan panjang pendeknya artikel tersebut sesuai dengan topik. Usahakan artikel memiliki jumlah kata sekurangnya 800.

Jika kamu membuat artikel dengan kalimat yang panjang, tetapi tidak efektif maka pengunjung akan cepat bosan. Jadi, kamu harus mengetahui antara tema yang akan dibuat serta kesesuaian panjang pendeknya artikel. Karena jika tidak, hal ini akan memengaruhi kualitas blog atau website meski masuk pada mesin pencari Google.
Sebagai contoh, kamu membuat artikel tentang olahraga sepak bola. Biasanya artikel yang mengandung tema olahraga cenderung tidak begitu panjang atau memiliki kata sekitar 300 sampai 400 kata. Oleh karena itu, kamu wajib menyesuaikan dari sebuah tema dan panjang pendeknya artikel tersebut.

• Mengandung Poin-Poin Lebih
Tutorial cara membuat artikel SEO untuk pemula selanjutnya adalah artikel mengandung poin-poin (listicle). Dalam hal ini dapat diartikan pada artikel yang kamu buat memiliki poin atau pun sub judul yang mengarah langsung pada apa yang dibahas. Artikel merupakan sebuah gambaran informasi yang di dalamnya mengandung beberapa komponen tersendiri.

Kamu bisa menambahkan beberapa poin pada bagian isi dalam sebuah artikel yang dibuat. Dengan adanya poin yang kamu tambahkan memudahkan pengunjung memahami isi dan mendapatkan informasi lebih jelas. Kamu dapat memberikan beberapa poin penting ini sebanyak tiga sampai lima, atau bisa lebih. Selain menambahkan poin, kamu juga perlu memperhatikan adanya sub judul pada sebuah artikel.

Subjudul sendiri mempunyai arti yang mendalam untuk menjelaskan tentang isi dalam sebuah artikel. Namun, pastikan sub judul yang kamu buat mengarah langsung pada tema ataupun mengandung kata kunci dalam artikel tersebut. Kamu dapat menambahkan tiga sampai empat sub judul dalam satu artikel. Hal ini tentunya akan membuat artikel lebih cepat terindeks oleh mesin pencari Google.

• Menulis Alur yang Spesifik
Langkah selanjutnya adalah kamu perlu membuat artikel dengan alur yang spesifik atau tertata. Jika kamu membuat sebuah artikel, maka usahakan alur yang dibuat tidak sembarangan atau berurutan. Paragraf pertama berisi gambaran umum tentang masalah yang akan dibahas. Paragraf perkenalan masalah berada pada pembukaan artikel hingga menjelang isian.

Setelah itu kamu bisa menyebutkan beberapa hal tentang bagian dari isi. Menjelang akhir artikel, kamu dapat menambahkan penjelasan yang lebih spesifik atau beberapa hal yang lainnya. Tentunya semua hal memang harus dilakukan secara berurutan atau dibuat sesuai aturan. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel hingga selesai. Durasi pengunjung berlama-lama di blog atau website kamu dapat meningkatkan performa di mata Google.

Kamu dapat membaca artikel tersebut secara berulang-ulang terlebih dahulu sebelum diunggah. Jika artikel yang kamu buat masih terasa ganjal atau tidak nyaman, maka wajib untuk diperbaiki. Karena memberikan sebuah informasi kepada seseorang harus memiliki penjelasan yang jelas dan alur yang spesifik. Dengan begitu artikel yang dibuat mendapat kepercayaan lebih untuk dikunjungi oleh banyak orang.

• Promosikan Artikel Kamu
Langkah terakhir dalam tutorial cara membuat artikel SEO untuk pemula adalah mempromosikan sebuah artikel. Hal ini merupakan tahap yang penting untuk kamu lakukan agar dapat mendapatkan jangkauan pemirsa yang lebih luas. Kamu bisa mempromosikan sebuah artikel pada media sosial dan beberapa media yang lain secara organik maupun non organik (berbayar).

Demikian tutorial cara membuat artikel SEO untuk pemula. Semoga bermanfaat!

COMMENTS

Name

Content Placement,4,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Tutorial Cara Membuat Artikel SEO untuk Pemula
Tutorial Cara Membuat Artikel SEO untuk Pemula
https://lh3.googleusercontent.com/-pPz28cT5dAQ/Xs3wcfeQRbI/AAAAAAAAHRs/owZIA-8h-roC-_hAi95YH0dF18y5uertwCLcBGAsYHQ/s1600/tutorial%2Bartikel%2BSEO%2Buntuk%2Bpemula.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-pPz28cT5dAQ/Xs3wcfeQRbI/AAAAAAAAHRs/owZIA-8h-roC-_hAi95YH0dF18y5uertwCLcBGAsYHQ/s72-c/tutorial%2Bartikel%2BSEO%2Buntuk%2Bpemula.jpg
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2020/05/cara-membuat-artikel-seo.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2020/05/cara-membuat-artikel-seo.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy