7 Cara Mudah Menghemat Data Ponsel, Kamu Harus Coba!

Kedatangan virus corona saat ini mengubah banyak hal.  Semula belajar di sekolah dan bekerja di kantor, kini semua dilakukan di rumah.  Peke...


cara-menghemat-data-ponsel


Kedatangan virus corona saat ini mengubah banyak hal. 

Semula belajar di sekolah dan bekerja di kantor, kini semua dilakukan di rumah. 

Pekerjaan kemudian dikirim secara daring dan ini menyebabkan adanya pembengkakan pada kuota internet. 


Apalagi ketika rasa bosan mengganggu, media sosial jadi candu.

Tenang, berikut adalah trik menghemat data ponsel pada masa pandemi yang bisa dicoba. 

  • Batasi Penggunaan Data di Pengaturan Android 


Tahukah kamu bahwa gawai bisa membantu menghemat penggunaan data internet dengan cara yang sederhana? Kamu hanya perlu membuka Pengaturan dan menemukan Penggunaan Data. Nah, di sana kamu bisa mengatur jumlah maksimum data yang ingin digunakan dalam sebulan. 

Dengan begitu, kuota internet tidak akan melonjak tanpa sepengetahuan kamu. Apabila nanti ingin menambah jumlah kuota, ini juga bisa dilakukan kembali dengan membuka aplikasi yang sama. Mudah, bukan? 

  • Batasi App Background Data 

Beberapa aplikasi yang ada di ponsel kamu adalah misterius. Meski tidak digunakan atau ponsel dalam keadaan diam, data bisa tersedot.

Ini karena adanya App Background Data yang membuat data terus terkuras. 

Makanya, sangat penting untuk membatasi keberadaannya sehingga tidak membuat kuota kamu habis diam-diam. 

Cara untuk membatasi App Background Data ini adalah dengan membuka Pengaturan, kemudian pilih Penggunaan Data, dan kamu dapat melihat statistik untuk aplikasi mana yang menghabiskan banyak data.  beberapa ponsel, kamu harus masuk ke App Manager untuk mengaturnya. 

  • Menggunakan Fitur Bawaan Chrome 

Trik menghemat data internet pada masa pandemi seperti ini perlu diterapkan. Tidak hanya supaya hemat kuota, tapi juga tidak memberi pengaruh besar pada pengeluaran. Nah, kamu bisa lakukan penghematan dengan fitur kompresi dari Chrome. 

Chrome sendiri merupakan browser yang paling populer di Android. Fitur kompresi ini merupakan bawaan dari Chrome sehingga secara signifikan bisa mengurangi konsumsi data di ponsel Android. Saat menghidupkan data, sebelum sampai kepada kamu, Chrome akan melakukan kompres sehingga apa yang kamu terima sudah dalam mode rendah dan jelas lebih hemat data. 

Walau begitu, ini tidak akan membuat daya internet jadi lemot, malah makin cepat. Jika kamu tertarik mencoba, buka Chrome kemudian ketuk pada titik tiga yang berada di pojok layar dan buka Pengaturan. Nanti, akan kamu temukan pilihan Penghemat Data di sana dan setelahnya hanya perlu diaktifkan. 

Dengan menghidupkan penghematan data tersebut, kamu juga secara langsung mengaktifkan Chrome’s Safe Browsing System yang memfilter dari halaman berbahaya dan melindungi ponsel kamu dari malware. 

  • Memperbarui Aplikasi Hanya Saat Ada Wi-Fi 

Saat memegang gawai, kamu pasti sering mendapatkan pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi secara berkala bukan? Untuk memperbarui aplikasi ini membutuhkan data yang besar, maka dari itu jangan kaget jika tiba-tiba data kamu jadi berkurang drastis setelahnya. Siasati dengan memperbarui aplikasi ketika sedang terjangkau dengan Wi-Fi, dengan begitu kamu bisa irit besar. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa buka Play Store sebagai langkah pertama, pilih Menu, kemudian Pengaturan, dan setelahnya Perbarui aplikasi secara otomatis. 
Selanjutnya, pilih opsi untuk bisa melakukan pembaruan aplikasi otomatis hanya jika ada Wi-Fi. Atau, kamu dapat memilih opsi untuk tidak memperbarui aplikasi secara otomatis. Namun, dengan begitu kamu harus mengingat dan memperbarui aplikasi secara manual. 

  • Tidak Terlalu Banyak Akses Layanan Streaming 

Perlu diingat bahwa layanan streaming baik itu musik, video, atau film adalah yang paling banyak menghabiskan kuota. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari akses layanan streaming saat kamu sedang tidak terjangkau dengan Wifi.

Jika ada musik atau film yang ingin dinikmati, sebaiknya unduh terlebih dahulu ketika sedang ada Wifi dan kamu bisa menikmati selagi offline. Selain itu, jika kamu ingin menonton video secara streaming, sebaiknya pilih kualitas gambar yang paling rendah karena dengan begitu jadi bisa menghemat kuota. 

Kamu juga bisa memiliki aplikasi entertainment yang bisa lebih menghemat data seperti Netflix dan YouTube Go. 

  • Mengawasi Aplikasi yang Dimiliki 

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi seperti Google Photo yang menyinkronkan foto dengan lokasi pun bisa mengambil kuota dan ini hanyalah salah satu contoh saja. Selain itu, aplikasi seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah aplikasi yang sebaiknya dikurangi pemakaiannya karena ketika kamu memutar GIF, video, bahkan membuka foto, itu akan mengambil kuota besar. 

Walau begitu kamu juga bisa menggunakan aplikasi alternatif jika ingin tetap bermedia sosial seperti menggunakan Facebook Lite dan TweetCaster. Kedua aplikasi ini tidak hanya menghemat data, tapi juga hemat daya baterai. 

  • Mengoptimalkan Pengaturan Sinkronisasi Akun 

Trik menghemat data ponsel pada masa pandemi yang sangat membantu adalah dengan membiarkan sinkronisasi otomatis dinonaktifkan untuk aplikasi yang memang boros data. Katakanlah di antaranya seperti aplikasi yang berhubungan dengan pengunggahan vidio dan foto daring. Hal ini karena Google terus melakukan sinkronisasi saat kamu melakukan perubahan apa pun. 

Padahal, sebagian besar sinkronisasi tidak diperlukan dan ini tidak hanya memakan banyak data internet saja, melainkan data baterai kamu yang jadi terasa lebih boros daripada sebelumnya. 

Di masa serba sulit saat ini, manusia memang perlu lebih cerdik mengatur pengeluaran dan pendapatan, ini termasuk dalam menggunakan trik menghemat data ponsel pada masa pandemi. 

Selain cara di atas, kamu juga bisa menerapkan dengan mematikan data jika tidak digunakan, mengusahakan tidak unduh file apa pun ketika sedang tanpa Wifi, hingga matikan notifikasi aplikasi yang tidak diperlukan.

Semoga bermanfaat!

COMMENTS

Name

Content Placement,4,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 7 Cara Mudah Menghemat Data Ponsel, Kamu Harus Coba!
7 Cara Mudah Menghemat Data Ponsel, Kamu Harus Coba!
https://lh3.googleusercontent.com/-0pvxrgR1_WM/Xug0uRBnNcI/AAAAAAAAIuw/wnc6hl4HsfcKZ1XcG8PBlucekzxnzvzRwCLcBGAsYHQ/s1600/Pexels%2BMedia%2BDownload%2BComplete%2521.jpeg
https://lh3.googleusercontent.com/-0pvxrgR1_WM/Xug0uRBnNcI/AAAAAAAAIuw/wnc6hl4HsfcKZ1XcG8PBlucekzxnzvzRwCLcBGAsYHQ/s72-c/Pexels%2BMedia%2BDownload%2BComplete%2521.jpeg
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2020/06/trik-menghemat-data-ponsel.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2020/06/trik-menghemat-data-ponsel.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy