Mencari Tahu Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019

Daftar CPNS? Ketahui Jenis Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019  Untuk menghadapi era industri dan teknologi 4.0, banyak hal...






Daftar CPNS? Ketahui Jenis Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019 

Untuk menghadapi era industri dan teknologi 4.0, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Saat ini, banyak instansi atau perusahaan yang menggunakan kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan mereka. Termasuk CPNS 2019. Dalam CPNS 2019 sejumlah instansi mewajibkan calon pelamar melampirkan sertifikat kemampuan bahasa inggris atau TOEFL. Sertifikat tersebut harus di unggah atau di upload saat pendaftaran SSCN BKN. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sertifikat TOEFL diakui. Lalu, apa saja sertifikat TOEFL yang diakui untuk cpns?

Seputar TOEFL



Test of English as a Foreign Language atau yang dikenal dengan nama tes TOEFL, merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris tanpa berkaitan langsung dengan proses belajar mengajar. TOEFL memiliki tiga jenis yaitu PBT, CBT dan IBT. Tes TOEFL ini mencangkup Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English.

Setelah seseorang menyelesaikan tes TOEFL maka akan mendapatkan sertifikat. Ada banyak manfaat dari sertifikat TOEFL tersebut, seperti untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, mendaftar program beasiswa, untuk pendaftaran short course dan non-degree program di negara berbahasa inggris dan sebagainya. Selain itu, sertifikat TOEFL juga bermanfaat untuk daftar di CPNS 2019. Perlu dipahami jika  ada sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS dan tidak, jadi harus lebih selektif dalam mendapatkannya.

5 Kementerian yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL pada CPNS 2019



1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Pada CPNS 2019 kementerian ESDM membuka lowongan sebanyak 50 formasi, dimana pelamar diwajibkan untuk  melampirkan sertifikat TOEFL. Sertifikat TOEFL tersebut harus masih tetap berlaku kurang dari dua tahun setelah tanggal penerbitan. Adapun minimal skor untuk TOEFL 450, IELTS 4,5 dan TOEIC 410.

2. Kementerian PUPR

Para pelamar di kementerian PUPR juga diwajibkan untuk melampirkan sertifikat TOEFL. Sertifikat tersebut dikeluarkan paling lama satu tahun dari tanggal 25 November 2019 dan dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) dengan minimal skor TOEFL ITP 450, IBT 53 dan TOEIC 405.

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian ini juga mewajibkan pelamar lulusan S1 dan S2 untuk melampirkan sertifikat TOEFL, berlaku untuk formasi umum, lulusan cumlaude atau penyandang disabilitas. Dengan ketentuan minimal skor untuk TOEFL ITP 450, IELTS  4 dan TOEIC 605.

4. Kementerian Perindustrian

Demi mempersiapkan diri menghadapi era 4.0 kementerian perindustrian juga tidak mau kalah dengan mensyaratkan TOEFL sebagai syarat wajib yang harus dilengkapi oleh pelamar. Bagi pelamar guru dan dosen TOEFL minimal 475, pelamar formasi untuk unit kerja minimal 500.

5. Kementerian Luar Negeri 

Seperti diketahui jika Kementerian Luar Negeri selalu berhubungan dengan negara lain, sehingga tidak mengherankan jika memberi syarat melampirkan sertifikat TOEFL. Standar minimal skor disesuaikan dengan jabatan yang dilamar.

Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019

(Mahesainstitute.co.id).png


1. Education Testing Service (ETS)

Sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS 2019 adalah dikeluarkan oleh Educational Testing Service. ETS ini merupakan layanan pendidikan yang muncul sejak tahun 1927 dan kantor pusat berada di Amerika Serikat. ETS setiap tahunnya menilai lebih dari 50 juta tes TOEFL, TOEIC, GRE dan praxis Series di lebih 180 negara di dunia, salah satunya di Indonesia.

2. International English Language Testing System (IELTS)

Sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS selanjutnya adalah IELTS. Selain TOEFL ITP dan TOEIC, ada kementerian yang juga mensyaratkan IELTS, contohnya di Kementerian Komunikasi dan Informatika. IELTS itu sendiri merupakan tes kemampuan bahasa inggris dengan standar tertentu untuk tujuan bekerja atau belajar. Bahkan IELTS telah diakui oleh institusi-institusi pendidikan di Amerika serikat, Inggris dan sebagainya.

3. Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara

Selanjutnya dikeluarkan oleh Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara. Apabila membutuhkan sertifikat TOEFL untuk mengikuti pendaftaran CPNS, maka bisa mengikuti tes di tempat ini, terutama bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Tahun ini ada beberapa instansi Kementerian yang memberikan syarat wajib kepada pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal tertentu. Bagi para pelamar membutuhkan sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS bisa mendapatkannya melalui ketiga tempat di atas.

Itulah informasi mengenai sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS 2019. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal tes TOEFL? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/mengenal-5-jenis-tes-toefl-syarat-daftar-cpns-2019/

COMMENTS

BLOGGER: 17
  1. Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019

    1. Education Testing Service (ETS)

    2. International English Language Testing System (IELTS)

    3. Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara

    KOMENTAR:

    Lah, gimana Mbak? Saya gak ngerti, hehe. Bukannya TOEFL ya TOEFL? IELTS ya IELTS? Kenapa di sini IELTS jadi bagian dari TOEFL? Eta terangkanlah...

    ReplyDelete
  2. Jadi keinget masa2 hunting job. Sudah lama banget ngga ngikutin info2 kayak gini. Pasti bermanfaat banget buat yg lagi hunting job

    ReplyDelete
  3. semua kementerian yang mewajibkan, tapi bagus juga ya, harusnya negara saya tinggal ngewajibin jg Toefl,jadi ingat sekelas imigrasi aja bahasa inggrisnya pas-pas-an disini, ribet kalau mau perpanjang ijin tinggal, petugas yg fasih bhs inggris ga merata. ─░ndonesia lebih keren tes cpnsnya

    ReplyDelete
  4. Oh, aku baru tahu, nih. Ternyata rekan-rekan CPNS pun wajib ya punya sertifikat ini. Tapi penting banget memang. Seiring dengan terbukanya investasi asing di negara kita, tentunya banyak pihak yang diharuskan sudah siap termasuk dari sisi bahasa asing. Hal ini tentunya akan mendukung komunikasi dua arah sehingga kegiatan investasi pun berjalan lancar.

    ReplyDelete
  5. Saya pikir IELTS dan TOEFL itu beda dan IELTS bukan bagian dari TOEFL meskipun keduanya memang sama-sama untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris seseorang.

    ReplyDelete
  6. Bukannya TOEFL dan IELTS berdiri sendiri-sendiri, ya? Setauku, IELTS banyak disyaratkan utk program Doktoral, lebih-lebih di Luar Negeri, rentang skor juga beda dg TOEFL.

    ReplyDelete
  7. Ehm... jadi inget tes toefl 11 th yg lalu Mb hehehe
    Btw rata2 ielts 4 y Mb
    Mayan berarti drpd syarat beasisw yg rata2 6,5
    Jd galauuuuu mo ikutan tes cpns huhuhu

    ReplyDelete
  8. waah...informasi yg keren buat anak muda pwncari kerja. Saya baru tau juga u tuk tes2 seperti ini.

    ReplyDelete
  9. Tes TOEFL semakin hari semakin dibutuhkan, apalagi untuk CPNS. Kudu siap-siap jauh hari nih yang ingin ikut CPNS. Jadi nantinya semua persyaratan bisa terpenuhi dengan baik.

    ReplyDelete
  10. TOEFL ini juga diperlukan pada saat daftar kuliah terutama kuliah pasca sarjana setahu aku.

    ReplyDelete
  11. CPNS juga ketat banget ya mba. Semoga dengan ini tidak ada lagi yang bermain uang.

    ReplyDelete
  12. Kali ini aku gak daftar CPNS, karena selain semakin ketat, urusan anak, juga karena formasiku agak langka.

    ReplyDelete
  13. Ternyata tes CPNS sekarang semakin selektif ya... Semoga semuanya berjalan dengan baik, untuk mendapatkan SDM terbaik.

    ReplyDelete
  14. wah ngoyo juga ya daftar CPNS sekarang. eh tapi lulus kuliah juga kan kudu punya sertifikat TOEFL juga kan ya ... bisa kali ya dipakai. cuma nggak tahu skore yang dipakai sama apa nggak

    ReplyDelete
  15. Sudah seharusnya klo untuk Kementerian pakai tes TOEFL begini. Karena gaji PNS juga semakin naik, jadi wajar klo syaratnya juga dinaikkan hehheee....

    ReplyDelete
  16. Temen daku pernah rekomendasiin, kalau ambil tes toefl di LAN aja. Cuma daku belum sempat juga ke sana

    ReplyDelete

Name

Content Placement,4,Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,16,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,4,The Zainal's,1,Tips,18,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Mencari Tahu Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019
Mencari Tahu Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019
https://1.bp.blogspot.com/-AXdo7MS46_A/XeuEneHw7PI/AAAAAAAADbw/-F_7-gNX2N8BarB9_3EPGPvAiPBR2c5cgCLcBGAsYHQ/s400/SAVE_20191207_174838.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-AXdo7MS46_A/XeuEneHw7PI/AAAAAAAADbw/-F_7-gNX2N8BarB9_3EPGPvAiPBR2c5cgCLcBGAsYHQ/s72-c/SAVE_20191207_174838.jpeg
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/12/toefl-yang-diakui-untuk-cpns.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/12/toefl-yang-diakui-untuk-cpns.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy