Bangun Bisnis dari Nol

Mengalami kegagalan dalam usaha itu biasa. Setelah mengalami beberapa kali jatuh bangun yang hasilnya hanya menghabiskan uang saja, akhir...




Mengalami kegagalan dalam usaha itu biasa. Setelah mengalami beberapa kali jatuh bangun yang hasilnya hanya menghabiskan uang saja, akhirnya saya memutuskan untuk cooling down dulu. Sambil memikirkan bisnis apa yang sekiranya paling diminati, beresiko rendah, dapat dikerjakan sambil momong anak dengan modal kecil.

Tak ingin mengalami kerugian lagi, kali ini saya amat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Butuh waktu beberapa tahun sejak kegagalan yang pertama sampai akhirnya memberanikan diri untuk melangkah lagi. Kisah selengkapnya bisa dibaca disini.

Kemudian saya mempelajari perjalanan sukses orang-orang kaya yang memulai bisnisnya benar-benar dari nol. Bukan hasil dari warisan yaa hehehe. Juga belajar dari mentor-mentor wirausaha. Banyak hal yang dapat diperoleh dari mereka, salah satunya Tom Mc Ifle. Beliau membocorkan rahasia bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal.

Kalau masih merasa modal is the king sehingga ragu dalam memulai usaha, ada baiknya menyimak dulu poin-poin di bawah ini. Siapa tahu dapat memberikan kekuatan untuk melangkah.

Yuk, kita simak yang berikut ini:
1. Tunda Kesenangan
Uang hasil bisnis dikembalikan hanya untuk bisnis. Bukan untuk membeli property seperti mobil untuk bergaya. Ingat bisnis melesat, kesenangan mengikuti pada akhirnya. Sabar adalah kata kuncinya.
2. Jual Grosiran
Orang kaya membeli rumah memperhatikan betul lokasi. Mereka menginginkan lokasi sekaligus tempat usaha. Di pinggir jalan misalnya. Kalau traffiknya tinggi, mereka membuka toko retail. Namun, kalau terlanjur punya rumah terpencil membuka grosir dapat menjadi alternatif.
3. Rumah Sekaligus Tempat Usaha
Jangan biarkan halaman Anda kosong. Gelar meja, jual barang apa saja yang bisa dijual. Ingat bisnis besar dimulai dari satu langkah kecil. Menyewa tempat cukup menguras kantong bukan?
4. Kompak dengan Keluarga
Bangun kekompakan dengan keluarga di rumah. Kalau bisa bekerja sama dengan keluarga sendiri kenapa harus mencari orang luar. Ingat sedekah terutama kepada keluarga terdekat dahulu. Maksimalkan potensi yang dipunyai setiap anggota keluarga. Double income antara suami istri jauh lebih baik. Gaji yang tetap untuk operasional harian, sedangkan pendapatan dari bisnis untuk memperbesar modal. Jadikan satu kekuatan dan ... voila! Aset tak terbatas ada di tangan.
5. Distribusi adalah Kunci
Gak punya modal sama sekali tidak masalah. Maksimalkan kekuatan networking. Carilah pabrik yang mau jadi suplier, lalu cari beberapa toko grosir yang mau menerima barang dari pabrik tersebut. Kita adalah orang tengahnya. Silakan nikmati fee dari traffik penjualan yang meningkat tajam.
6. Tingkatkan Volume Penjualan
Lebih baik mana untung besar, tapi volume penjualan kecil? Atau untung kecil, tapi volume penjualan besar? Tentunya saya pilih opsi kedua.
Demikian poin-poin yang saya rangkum dari Coach Tom Mc Ifle. Semoga dapat membantu kita menetapkan hati untuk memulai wirausaha, ya 😊

Disclaimer: Penulis adalah praktisi UMKM, bukan mentor wirausaha. Hasil akhir kembali pada pribadi masing-masing disertai rida Allah Azza wa Jalla.


COMMENTS

Name

English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,14,Mutiara Qalbu,6,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,15,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Bangun Bisnis dari Nol
Bangun Bisnis dari Nol
https://lh3.googleusercontent.com/-wgBDDEE36KQ/XNVIm4DMb8I/AAAAAAAAC6w/YDzuiIJ9t_IlM67poITVYTsZnZipVCWHQCLcBGAs/IMG_1839.JPG
https://lh3.googleusercontent.com/-wgBDDEE36KQ/XNVIm4DMb8I/AAAAAAAAC6w/YDzuiIJ9t_IlM67poITVYTsZnZipVCWHQCLcBGAs/s72-c/IMG_1839.JPG
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2019/05/bangun-bisnis-dari-nol.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2019/05/bangun-bisnis-dari-nol.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy