Seberapa Siap Dirimu Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0?

Aloha Mommies, Indonesia mulai menghadapi revolusi industry 4/0. Istilah ini pertama kali diperkenalkan di Jerman tahun 2011 dan kembali dis...

Aloha Mommies,

Indonesia mulai menghadapi revolusi industry 4/0. Istilah ini pertama kali diperkenalkan di Jerman tahun 2011 dan kembali disebutkan oleh kanselir Herman Angela Marker pada World Economic Forum tahun 2015. Hal ini menyadarkan bahwa dunia digital mau tidak mau, siap atau tidak mulai mengambil alih sebagian besar kebiasaan konsumsi konvensional kita.

Revolusi industry 4.0 sendiri merupakan zaman yang mengolaborasikan dunia maya dengan produksi industri. Zaman ini membuka peluang berbisnis cara baru bagi para pelaku usaha, serta memberi kemudahan akses bagi konsumen untuk mempermudah pola konsumsi dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Berbagai sektor usaha tidak luput dari penerasi teknologi ini termasuk industri media massa. Berubahnya pola produksi dan konsumsi ini menjadi satu keniscayaan. Industry media massa harus aktif dengan banyak mitra tidak hanya aktif mencari iklan dalam konten. Berbagai hal muncul bisa dimonetisasi untuk membiayai industry media massa.

Kata kuncinya adalah konten yang menjual. Yang mampu menyampaikan pesan secara informal yang dibutuhkan oleh pengguna internet berbagai generasi.

"Penting untuk mencari cara baru, pendekatan alternatif agar minat masyarakat semakin tinggi terhadap membaca. Literasi digital adalah salah satu caranya. Sekarang, orang lebih memilih membaca lewat Line Today dari pada koran atau melihat audio visual di internet daripada konten non digital misalnya. Makanya ini adalah saatnya kita beralih ke teknologi digital, literasi digital," terang Najwa Shihab pada sebuah sesi talkshow di puncak acara Paragon Innovation Summit 2018 'Innovation for the Nation' yang dihelat Jumat (12/10), di Bandung.

Sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa melihat rendahnya minat baca masyarakat Indonesia harus diimbangi dengan media literasi yang tepat. Kami memperkenalkan buku, cerita dan penulisnya melalui media audio visual. Dengan cara tersebut dapat menarik minat masyarakat Indonesia yang rendah minat membacanya.

Media massa dan pelaku industry lainnya diharapkan untuk bersiap keluar dari zona nyaman role business konvensional. Tak terkecuali kita, Mommies. Literasi digital juga sudah merambah keluarga kita dengan ditandainya anak-anak mulai balita yang lebih menyukai tampilan audio visual di You Tube dari pada buku statis. Peran orang tua amat besar dalam menyeleksi suguhan literasi digital yang baik bagi anak. 

Bagi Mommies yang juga berprofesi sebagai writers, sambutlah zaman ini dengan pikiran terbuka. Buatlah material atau konten-konten bergizi penuh hikmah sehingga dapat menginspirasi semua lini. Mulailah dari status di media sosial hingga terbit karya-karya lainnya. In syaa Allah, dapat menjangkau pelosok negeri hingga dunia dengan internet.

Sedangkan bagi Mommies pebisnis, banyak peluang baru tercipta dari literasi digital ini yang dapat dikembangkan menjadi salah satu sumber mata pencaharian.

Yuk, Mom sama-sama kita bergerak meningkatkan skill untuk menyambut datangnya era revolusi industry 4.0 untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sumber: tabloidbintang.com


COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Betul banget moms, jangan sampai ketinggalan kemampuan sama anak-anak muda jaman now yg menjadikan era digital sebagai dunianya.

    ReplyDelete
  2. Siap bener bangeeet ini, kita sebagai penulis jg penting memperbaiki skill hehe, biar gak kalah saing dan tulisan kita menjadi bermanfaat. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. Literasi saat ini jadi topik penting yah.. .Thanks artikel kece nya.

    ReplyDelete
  4. woaa iya ya, sekarang semua udah mulai bergeser ke digital, kudu siap lahir batin..

    ReplyDelete
  5. Sip, kita ambil hikmahnya saja. Apapun itu pasti punya dua sisi, baik dan buruk tergantung kita menyikapinya.

    ReplyDelete
  6. Siap, Mom! Yuk, upgrade skill yang dimiliki biar gak ketinggalan.

    ReplyDelete
  7. Betul sekali, literasi digital mulai ditumbuhkan dalam keluarga, dari hal-hal yg kecil saja...

    ReplyDelete
  8. siap tidak siap harus siap. Harus selalau upgrade ilmu.

    ReplyDelete
  9. Perkembangan teknologi digital sekarang udah cepet banget. Kalau nggak update bisa ketinggalan jauh.

    ReplyDelete
  10. Sipp banget😘 saatnya beralih yaa moms

    -Mak belalang

    ReplyDelete
  11. emak emak jaman NOW, wajib melekkk gadget dan segala perteknologian!

    ReplyDelete
  12. Semangat belajar
    Seneng banget karena di sisi lain emak2 diem di rumah aja bisa dapet apa aja via dumay

    ReplyDelete
  13. Belajar terus yuuk, belajar tak kenal batas usia. Semoga bisa bermanfaat ilmunya. Makasih share nya mbak... Bismillah, belajar terus. Hehehe...

    ReplyDelete
  14. Belajar, belajar dan belajar... Bismillah...

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,15,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: Seberapa Siap Dirimu Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0?
Seberapa Siap Dirimu Menghadapi Era Revolusi Industry 4.0?
https://lh3.googleusercontent.com/-2gwL8lV0Yxs/W8r9C4PaNpI/AAAAAAAABw8/Ripy7Y_cckYYS79zpmK7A8AYiN2jKRN8wCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-2gwL8lV0Yxs/W8r9C4PaNpI/AAAAAAAABw8/Ripy7Y_cckYYS79zpmK7A8AYiN2jKRN8wCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2018/10/seberapa-siap-dirimu-menghadapi-era.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2018/10/seberapa-siap-dirimu-menghadapi-era.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy