5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Para Pencari Kerja

Aloha, Millenials! Pernah merasakan ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan? Hmm, mungkin ada sesuatu yang perlu kamu perbaiki, Guys. ...


Aloha, Millenials!

Pernah merasakan ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan? Hmm, mungkin ada sesuatu yang perlu kamu perbaiki, Guys. Baik dalam hal teknis maupun non teknis.

Berikut adalah lima kesalahan fatal yang sering dilakukan para pencari kerja pemula:


  • Cover Letter yang Tidak Menarik

Cover letter (surat pengantar) adalah cerminan pertama pelamar di hadapan klien atau pemilik usaha. Buatlah singkat, padat, menarik, namun tetap mencerminkan kepribadian. Ingat, ada jutaan pelamar yang memperebutkan tempat yang sama. Pastikan cover letter kamu lebih menonjol dari yang lain. 

Cover letter sendiri terdiri dari tiga paragraf. Paragraf pembuka berisi tentang dari mana kamu mendapatkan info lowongan pekerjaan dan kenapa tertarik untuk melamar. Paragraf ke dua berisi tentang alasan utama perusahaan harus memilih kamu. Di dalam paragraf ini, kamu 'mempromosikan' diri dengan cara yang elegan tentunya. 

Sedangkan paragraf terakhir berisi ucapan terima kasih, informasi mengenai berkas apa saja yang dilampirkan, serta harapan agar mendapat panggilan wawancara. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak kamu, ya Guys!


  • Datang Terlambat

Mau sehebat apapun cover letter atau portofolio kamu, kalau tidak bisa berkomitmen biasanya langsung dicoret dari daftar. Berangkat beberapa jam sebelum waktu wawancara jauh lebih baik untuk mengantisipasi masalah yang mungkin timbul dalam perjalanan.


  • Tidak Antusias ketika Diwawancara

Setelah lolos pada seleksi cover letter, biasanya klien akan melakukan tes wawancara. Persiapkan diri dengan baik secara fisik maupun mental. Tidak bergadang malam sebelumnya, sehingga wajah terlihat segar. Wawancara berisi tentang gambaran lebih detil dari cover letter. Jawab pertanyaan secara antusias dari pihak pemberi pekerjaan, namun tidak berlebihan.


  • Tidak Mengetahui Gambaran Pekerjaan atau Perusahaan yang Hendak Dituju

Kurang menguasai materi tentang perusahaan atau pekerjaan yang dituju adalah kesalahan fatal. Setidaknya pelamar mempelajari dahulu gambaran umum mengenai pekerjaan yang ditawarkan serta profil perusahaan. 


  • Track Media Sosial yang Buruk

Di zaman digital teknologi seperti sekarang ini, apa pun bisa menjadi referensi, termasuk media sosial. Pastikan, kamu memposting status yang bermanfaat serta hindari hate speech.


Demikian beberapa hal yang mungkin menjadi kendala dalam mencari pekerjaan. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Good luck!


COMMENTS

BLOGGER: 8
  1. Mantaaapp mbak Dewi... Artikelnya singkat padat jelas dan bermanfaat banget nih...
    Tulisan-tulisan mbak Dewi yang lain juga keren nih...
    Sukses terus untuk blognya yaaa...

    ReplyDelete
  2. Haii, Mbak makasih yaa apresiasinya ... 😘

    ReplyDelete
  3. amat sangat bermanfaat ini. Dulu saya kalau mau ngelamar kerja pasti sibuk-sibuk browsing. Dan paling sulit jika suruh menjelaskan tentang diri sendiri.

    ReplyDelete
  4. Bener sih mbak, masa ya mau cari kerja malah tidak menunjukkan hal yang positif dalam dirinya..ya di tolak😁😁 sangat bermanfaat mbak

    ReplyDelete
  5. Hehe, jadi inget masa2 applying for job dahulu kala. Bener semua tuh yg ditulis di atas :) yang terakhir juga, apa yg tampil di medsos kita emang bisa jadi bahan penilaian. Sip...

    ReplyDelete
  6. wah betul bgt ini. harus teliti memperbaiki dulu ya biar bisa diterima kerja

    ReplyDelete
  7. Noted! Bener banget, gak bisa bayangin karyawan personalia kalau baca lamaran calon pegawai yang biasa biasa dan begitu-begitu saja. Kurang "menjual diri".

    ReplyDelete
  8. Thank mba informasinya.
    Kesalahan di atas sering dilakukan oleh pencari kerja.

    ReplyDelete

Name

Curhat,1,English Version,1,Event,3,Featured,2,Fiksi Mini,15,Inspirasi,1,Mutiara Qalbu,8,Mutiara Qolbu,1,Prosa,1,Puisi,1,Ragam Artikel,8,Review Produk,2,The Zainal's,1,Tips,17,Traveling,3,Tutorial,1,Writing Tips,6,
ltr
item
Dee's Idea: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Para Pencari Kerja
5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Para Pencari Kerja
https://lh3.googleusercontent.com/-1jLho6XRoVs/W-OviN3G-vI/AAAAAAAAB6c/cAJJPZJeGMMEZA4gtEh8QwX9ud2tlVcwgCHMYCw/%255BUNSET%255D
https://lh3.googleusercontent.com/-1jLho6XRoVs/W-OviN3G-vI/AAAAAAAAB6c/cAJJPZJeGMMEZA4gtEh8QwX9ud2tlVcwgCHMYCw/s72-c/%255BUNSET%255D
Dee's Idea
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-kesalahan-fatal-yang-sering-dilakukan.html
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/
https://www.dewihepy.com/2018/11/5-kesalahan-fatal-yang-sering-dilakukan.html
true
663427439463064019
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy